nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyeruput ToBrew, Kopi yang Diseduh Manual di Javaroma

Santi Andriani, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 03 298 1986246 menyeruput-tobrew-kopi-yang-diseduh-manual-di-javaroma-3qtokinR6Q.jpg Menyeruput kopi yang diseduh manual (Foto:Javaroma)

ANDA ingin minum kopi apa malam ini? Espresso, café latte, cappuccino dan berbagai variasi lainnya, masing-masing memiliki penikmatnya sendiri. Ya, menengguk secangkir kopi terkadang bicara soal selera.

Tapi bagi mereka, yang sengaja atau tidak, menjadi seorang coffee connoisseur, suatu hal yang wajar bila menginginkan kopi dari biji tertentu yang diseduh secara manual. Lebih beruntung bila Anda bisa mengobrol dengan sang barista selagi ia mengolah kopi pesanan.

Ini yang ditangkap kedai kopi Javaroma Bottega del Caffe yang berlokasi di Via XX Settembre 26D, tak jauh dari stasiun Roma Termini. Untuk pertama kalinya di Roma, coffee shop anggota Specialty Coffee Association (SCA) Italia ini menerapkan konsep ToBrew, memberikan sajian kopi berkualitas tinggi.

Konsep ini memungkinkan kopi diseduh dengan cara manual, baik dengan metode pour over (tubruk) atau French press. Untuk biji kopi tertentu, metode manual seperti ini menghasilkan cita rasa kopi yang optimal. Sementara itu para penikmat kopi pun ada yang lebih menyukai kopi dengan metode seduh manual ini.

(Baca Juga: Pernikahan Crazy Rich Surabaya Vs Suhay Salim, bagai Langit dan Bumi)

 

(Baca Juga: Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Lamaran Pria Ini Jadi Viral)

“Dengan konsep ToBrew, kopi Anda bisa dibuat dengan metode pour over atau French press, sehingga didapat minuman kopi yang berkualitas dengan rasa yang sesuai dengan selera,” kata Alessio Fossi, manager Javaroma Italia yang juga berlatar belakang sebagai barista.

“Kami punya espresso dan minuman kopi lainnya yang diracik dengan gaya Italia, tapi kami pun menawarkan specialty coffee yang bisa diseduh secara manual,” tambah Alessio. Alessio juga memberikan tips untuk membuat espresso yang baik. Yakni biji kopi segar harus digiling sesaat sebelum diseduh.

Cappuccino, coffee au lait dan mocaccino adalah beberapa contoh racikan kopi dengan basis espresso dan tambahan susu. Di Italia, tiga jenis racikan kopi tersebut biasanya diminum pada pagi hari sebelum makan.

“Sedangkan di siang atau malam hari setelah makan, sajian kopi tanpa susu lebih disukai. Itulah saat yang tepat untuk menyesap satu shot espresso yang baik, yang kaya dengan antioksidan dan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan,” ujar Alessio dalam siaran pers yang diterima Okezone.

Untuk menikmati kopi dengan racikan ToBrew Anda pun tidak perlu jauh-jauh terbang ke Italia. Cukup ke Depok, Jawa Barat, Anda bisa menikmati secangkir kopi dengan racikan seduh manual di kedai kopi yang sama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini