nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cuma Soal Cuaca, Ada 4 Faktor Utama Penyebab Pesawat Rajin Delay

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 14:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 406 1986047 tak-cuma-soal-cuaca-ada-4-faktor-utama-penyebab-pesawat-rajin-delay-WMU2lGrZf4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN besar penumpang pesawat terbang pasti pernah merasakan delay ketika hendak bepergian. Kita pun pasti kesal jika hal ini terjadi, karena akan telat sampai di tempat tujuan, dan bisa ketinggalan semua aktivitas penting yang telah direncanakan.

Tentunya sebagai seorang penumpang, Anda tidak ingin mengalami situasi seperti ini. Begitu pun dengan pihak maskapai, mereka juga tidak ingin mengalami delay yang akan mengganggu jadwal penerbangan armada mereka.

Namun, delay bukanlah sebuah hal yang bisa dihilangkan dalam penerbangan, ada banyak sekali penyebab delay baik dari faktor internal maupun eksternal. Menurut Kapten Pilot Garuda Indonesia, Rizka Triansyah Leihitu, penyebab delay antara lain disebabkan oleh faktor alam dan cuaca, operasional, teknis, regulasi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Lamaran Pria Ini Jadi Viral

Tentunya, baik maskapai maupun pilot ingin semua penumpang yang berada di dalam pesawat bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Oleh sebab itu keselamatan menjadi hal yang diutamakan dalam penerbangan. Pilot tidak akan menerbangkan sebuah pesawat jika kondisi alam tidak memungkinkan.

"Manusia tidak bisa melawan kondisi tersebut karena ini kehendak Allah. Bagaimana pilot bisa melihat landasan? Sementara pandangan terhalang oleh hujan atau kabut,” tutur Kapten Rizka sebagaimana ditulis dalam postingannya di Instagram, Senin (3/12/2018).

Kapten Rizka pun memberikan contoh saat meletusnya gunung berapi, menurutnya semburan abu vulkanik sangatlah berbahaya bagi sebuah penerbangan. Abu vulkanik dalam menutupi jarak pandang bahkan bisa membuat mesin pesawat rusak dan mati.

Tak hanya faktor alam, ada pula masalah operasional yang menyebabkan sebuah maskapai menjadi delay. Masalah kelengkapan dokumen sebelum terbang dan adanya penumpang yang nakal dengan membawa muatan berlebih masuk ke dalam kabin tentunya akan membuat penerbangan menjadi delay. Bawaan mereka harus ditimbang ulang dan dimasukkan ke bagasi. Proses ini tentunya memakan waktu.

Baca Juga: Batuk Anda Tidak Kunjung Sembuh? Coba Oleskan Balsam di Kaki!

Selain dua faktor di atas, Kapten Rizka menyebut ada yang namanya masalah teknis. Tentunya Anda ingin menaiki pesawat yang dalam kondisi baik bukan? Oleh sebab itu pesawat harus melakukan beberapa cek sebelum dinyatakan layak terbang. Nah, proses pemeriksaan secara berulang ini tentu memakan waktu.

“Pengecekan mesin dilakukan berulang kali. Contohnya, ketika mau naik mobil dan kondisi ban kurang anginnya, pasti kalian tetap jalan, sementara di pesawat tidak bisa begitu. Belum lagi inspeksi landasan juga memakan waktu,” tambah Kapten Rizka.

Terakhir penyebab delay yang paling sering dijumpai adalah faktor regulasi. Tentunya masalah regulasi adalah faktor yang cukup kompleks dan tidak bisa dibantahkan. Kapten Rizka pun mencoba menjelaskan tentang masalah regulasi yang menyebabkan delay pada penerbangan.

“Salah satunya adalah ketika presiden hendak lewat. Maka protokolernya harus mengamankan area seluas mungkin. Bukan hanya di jalan raya, jalanan ditutup, di udara pun jalur udaranya ditutup. Kondisi seperti ini memang menyakitkan penumpang. Tapi lebih baik lambat asalkan selamat,” tuntasnya.

“Sebagai Penumpang tentunya kita ingin Penerbangan kita selamat dan tepat waktu. Tapi tidak semua Penerbangan dapat berjalan dengan lancar,…” tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini