nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ke Luar Negeri Pilot Tidak Harus Bawa Visa, Dokumen Ini yang Wajib

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 14:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 03 406 1986115 ke-luar-negeri-pilot-tidak-harus-bawa-visa-dokumen-ini-yang-wajib-oQRNspUsRj.jpg Dokumen yang wajib dibawa pilot saat terbang ke luar negeri (Foto:Ist)

BEPERGIAN menuju luar negeri memang sangat mengasyikkan, namun tentunya Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan agar perjalanan berjalan dengan lancar. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata paspor dan visa. Dua benda ini merupakan hal wajib yang harus dibawa setiap penumpang yang hendak bepergian ke luar negeri.

 Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Lamaran Pria Ini Jadi Viral

Paspor merupakan sebuah dokumen yang berisi identitas seseorang yang dikeluarkan oleh lembaga ke-imigrasian suatu negara untuk warganya yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Sementara visa adalah dokumen yang dikeluarkan suatu negara yang akan dikunjungi dan tertera di dalam paspor. Isinya berupa tanda izin untuk memasuki negara yang akan dikunjungi.

Tentu banyak masyarakat awam yang bertanya apakah seorang pilot yang sedang bertugas membawa pesawat terbang untuk mengantarkan para penumpang harus membawa paspor dan visa pula? Menjawab pertanyaan tersebut Kapten Pilot Garuda Indonesia, Rizka Leihitu, mencoba menjelaskannya.

Menurut Kapten Rizka seorang pilot wajib memiliki paspor bisa sedang bertugas terbang antar negara. Namun, pilot tidak harus memiliki visa. Seorang penerbang hanya wajib membawa GenDec (General Declaration).

“Pilot harus memiliki paspor bila sedang tugas terbang antara negara, tidak harus memiliki visa tapi harus membawa GenDec (General Declaration),” ungkap Kapten Rizka , sebagaimana ditulis dalam akun media sosial Instagram-nya @rizkaleihitu, Senin (3/12/2018).

Kapten Rizka pun menjelaskan arti sebenarnya dari General Declaration yang sudah tidak asing lagi dalam dunia penerbangan.

GenDec adalah dokumen yang harus dibawa dalam penerbangan internasional yang dipergunakan untuk prosedur Custom Imigration n Quarantine dari suatu negara yang isinya tentang registrasi pesawat, tanggal, rute, nama-nama kru, lampiran daftar penumpang, daftar kargo dan kejadian dalam penerbangan serta penanganannya yang ditandatangani oleh pilot atau pimpinan kabin kru jika diperlukan.

Meski Lezat, Ini 5 Bahaya Akibat Sering Makan Petai

Menurut Kapten Rizka ini merupakan sebuah prosedur yang wajib dilakukan oleh seorang pilot jika sedang menjalankan tugas internasionalnya. Berbeda ceritanya jika seorang pilot yang sengaja melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, tentu visa harus tetap dimiliki.

“Tentu seorang pilot harus memiliki visa bila melakukan perjalanan liburan ke negara yang menggunakan visa. ‘Yang paling penting pertanyaan tentang tiket pesawatnya bayar atau tidak ketika sedang liburan? Ya, jelas bayar donk. Yang punya pesawat pribadi aja tetap bayar kok, apalagi naik maskapai milik orang lain,” tuntasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini