nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadalah! Shower Ternyata Lebih Berbakteri Dibandingkan Toilet

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 03 481 1985958 waspadalah-shower-ternyata-lebih-berbakteri-dibandingkan-toilet-VJi1LvcRyv.jpg Sarang bakteri di shower (Foto: Pixabay)

SEBAGIAN besar manusia menilai toilet merupakan salah satu tempat yang berisi sarang bakteri. Apalagi toilet tersebut digunakan secara umum dan bergantian dengan orang lain. Tentu beberapa dari Anda merasa hal tersebut sedikit menjijikan.

Namun, tahukah Anda sebenarnya ada salah satu benda yang memiliki lebih banyak bakteri ketimbang toilet? Jika Anda menyadarinya shower yang biasa digunakan untuk mandi, memiliki lebih banyak bakteri di dalamnya. Tentu Anda akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pada dasarnya bakteri banyak bersembunyi pada shower Anda. Shower yang kerap Anda gunakan untuk mandi ternyata berisi kuman berbahaya yang dikenal sebagai mycobacteria. Bakteri ini bisa berkembang biak di dalam shower Anda.

Baca juga: Peneliti Sebut Olahraga Lari sebagai Pilihan Kalau Ingin Awet Muda

Sebagaimana dilansir dari Times of India, Senin (3/12/2018), meskipun mungkin bakteri tumbuh di berbagai bagian rumah, termasuk toilet Anda, namun kamar mandi kami jauh lebih mengandung bakteri. Hanya saja Anda tidak terlalu memperhatikannya.

Hal ini tidak diperhatikan karena sebagian dari Anda menganggap mandi sebagai proses pembersihan di mana kuman-kuman akan menghilang. Alhasil Anda mengabaikan pancuran, yang dengan sendirinya merupakan tempat yang aman bagi bakteri untuk bersembunyi.

Shower yang ditemukan di kamar mandi biasanya terbuat dari plastik atau logam. Biasanya ada air baik itu panas atau dingin, keluar dari banyak nosel shower, itu menciptakan pengaturan lembab yang memungkinkan bakteri tumbuh di dalamnya.

Baca juga: Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Laraman Pria Ini Jadi Viral

Akibatnya, mycobacteria terbentuk di permukaan atas dan berkembang biak, dengan pertumbuhan yang cepat. Ketika Anda bernafas saat mandi, mycobacteria masuk ke tubuh melalui sistem pernapasan dan menetap di paru-paru. Hal ini bisa sangat mematikan, dan berawal dengan penyakit sederhana seperti demam dan berakhir dengan infeksi paru-paru.

Bakteri juga mendapat kesempatan untuk berkembang biak karena jenis air yang digunakan. Bahkan telah ditemukan bahwa shower logam, yang lebih umum ditemukan di rumahan memiliki lebih banyak bakteri yang tersembunyi karena adanya biofilm di dalamnya.

Salah satu tanda pertama Anda telah terinfeksi bakteri adalah penyakit seperti flu. Jika Anda mengalami batuk, mengi, muntah atau mengalami diare tanpa sebab apa pun, Anda mungkin menderita infeksi bakteri. Bahkan, orang-orang dengan infeksi paru-paru yang sudah aktif atau sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih berpotensi untuk tertular mikobakteria.

Meski menjadi sarang bakteri, namun ini tidak berarti bahwa kamar mandi benar-benar berbahaya untuk digunakan. Ini hanya berarti bahwa Anda harus lebih berhati-hati dalam hal pembersihan, karena bakteri dan kuman seperti ini dapat tumbuh di tempat terkecil.

Jadi bersihkan shower dan keringkan ketika Anda mulai melihat bintik-bintik biru kehijauan atau bentuk-bentuk debu. Bersihkan shower setiap minggu, dengan desinfektan yang terpercaya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini