nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngaku Suka Pakai Kontak Lensa, Hati-Hati Jangan Terjadi 4 Hal Ini

Alma Dwi, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 481 1985985 ngaku-suka-pakai-kontak-lensa-hati-hati-jangan-terjadi-4-hal-ini-k0bZmGMr6j.jfif Kontak Lensa (Foto: Bustle)

Softlens atau lensa kontak menjadi alternatif pilihan untuk membantu penglihatan sekaligus memperindah mata. Sayangnya Anda tidak disarankan untuk menggunakan softlens setiap hari.

Penggunaan soflens jangka panjang dapat menyebabkan mata Anda infeksi. Dilansir Bustle, Senin (3/12/2018), menurut penelitian National Research Council, menemukan bahwa orang-orang yang mengganti softlens mereka setiap hari 10 kali lebih mungkin untuk terkena komplikasi mata yang dapat menyebabkan ulkus kornea, kapalan, edema, kista, dehidrasi, dan banyak lagi.

Baca juga: Batuk Anda Tidak Kunjung Sembuh? Coba Oleskan Balsam di Kaki!

Salah satu bentuk infeksi pada mata adalah keratitis mikroba atau infeksi pada kornea. Orang yang menggunakan softlens dalam jangka panjang dan tidak mempraktikkan kebersihan mata yang baik, merokok, atau membeli softlens sembarangan, tidak bisa dianggap enteng, karena bisa terkena keratitis mikroba.

Keratitis mikroba adalah kondisi yang sangat serius. Biasanya dimulai tiba-tiba dengan kemerahan dan nyeri pada satu mata, mata bisa berair atau mengeluarkan air mata. Bahkan cahaya bisa melukai mata, sehingga sulit untuk membuka mata. Infeksi dapat berupa bakteri atau jamur, dan apabila tidak diobati itu dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius, termasuk kebutaan.

Baca juga: Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Laraman Pria Ini Jadi Viral

Sedangkan jika softlens Anda membuat mata kering, Anda juga bisa berisiko terkena pinguecula dan pterigium, atau benjolan seperti kalus yang dapat tumbuh di bola mata Anda. Menurut American Academy of Ophthalmology, sebuah pinguecula muncul sebagai kalus kekuningan pada mata Anda, dan itu sebenarnya adalah penyimpanan protein, lemak, atau kalsium.

Jika tidak ditangani, itu dapat berkembang menjadi pterigium, pertumbuhan jaringan daging yang pada akhirnya dapat menutupi kornea dan menyebabkan penglihatan kabur. Bahkan jika itu dihapus, pterygium tumbuh kembali hingga 40 persen dan rata-rata terjadi pada orang yang berusia di bawah 40 tahun. Jika Anda ingin mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan kalus mata yang serius, pastikan Anda memahami risiko yang menyertai setiap jenis softlens.

Soflens yang dipakai sehari-hari sebaiknya segera lepas pemakaiannya di malam hari untuk dibersihkan. Lalu softlens yang berjenis sekali pakai atau lensa yang dilepas setiap hari, sebaiknya dibersihkan dan diganti setiap dua minggu. Selanjutnya, soflens yang dipakai setiap saat, sebaiknya dilepas dan diganti satu sampai empat minggu, karena pemakaian soflens setiap saat dapat berisiko lebih tinggi terkena infeksi pada mata.

Selain itu, jika Anda tinggal di daerah dengan polusi udara yang tinggi, Anda merokok atau menghabiskan waktu di sekitar perokok, atau mata Anda super kering, pastikan Anda tidak memakai softlens.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini