Jangan Pernah Santap Hidangan Ini Mentah Jika Tak Ingin Keracunan

Bagas Taruna , Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 03 481 1986008 jangan-pernah-santap-hidangan-ini-mentah-jika-tak-ingin-keracunan-zXpTIgvNHc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MAKANAN Jepang memang menjadi kegemaran banyak orang. Sebut saja ramen, udon dan yang paling terkenal di seluruh dunia adalah Sushi, makanan mentah yang diolah agar lezat dimakan.

Tapi, tidak semua makanan bisa dimakan mentah, beberapa malah berbahaya untuk tubuh jika tidak diolah. Melansir dari Reader’s Digest berikut daftar makanan yang seharusnya tidak dimakan secara langsung.

Baca Juga: Melamar Kekasih dengan Cincin Ditaruh Penis, Kisah Lamaran Pria Ini Jadi Viral

1. Kentang

 

Salah satu makanan pokok ini mengandung pati atau zat tepung yang sulit dicerna tubuh, sehingga mengakibatkan kembung. Akan lebih buruk bila kentang disimpan dalam ruangan yang hangat dan lembab, karena pada permukaannya akan berubah menjadi hijau yang menghasilkan racun bernama solanin.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyantap serta menghilangkan kanji dalam kentang adalah dengan memasaknya.

2. Kacang merah

Kacang yang terlihat mirip dengan ginjal ini bisa berbahaya bila dimakan dengan cara yang salah. Makanan sehat yang mengandung protein, serat, dan antioksidan ini, malah akan merusak perut bila tak dimasak dengan benar. Karena itu, pastikan untuk merebusnya terlebih dahulu selama sekitar 10 menit.

3. Susu

Di beberapa negara, banyak toko yang menjual susu mentah, susu perah yang langsung didapat dari sapi tanpa dipanaskan untuk menghilangkan bakteri di dalamnya. Tapi, susu ini sungguh berbahaya karena bakteri E.coli dan salmonella bisa ditemui dalam susu ini. Susu mentah lebih menyebabkan penyakit berbahaya bagi tubuh 150 kali lipat dari produk susu lainnya.

Baca Juga: Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

 

4. Taoge

Khasiatnya bagi tubuh sangat banyak sehingga tak jarang Taoge menjadi olahan favorit. Tapi, mereka tumbuh di tempat yang lembab, di mana bakteri juga menempel dan berkembang pada Taoge. Maka dari itu, setelah membeli Taoge di pasar, segera cuci sebelum mengolahnya menjadi santapan lezat.

5. Tepung

Kedapatan anak sedang bermain dengan tepung lalu memasukkannya ke dalam mulut? Anda patut khawatir. Tepung yang belum diolah mengandung bakteri E.coli dan mereka tidak akan hilang sebelum Anda mengolahnya dengan bantuan dari panasnya api kompor atau oven.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini