Mimpi Bisa Membuat Anda Lebih Senang, Sehat, & Pintar

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 04 196 1986464 mimpi-bisa-membuat-anda-lebih-senang-sehat-pintar-JZZnpYkNO2.jpg Mimpi bisa membuat lebih sehat dan pintar (Foto:Huffpst)

MIMPI sering datang saat seseorang tidur. Terkadang mimpi tidak dapat didefinisikan atau bahkan tidak bisa diingat. Tapi tak jarang juga ada mimpi buruk yang membuat orang merasa takut maupun khawatir. Meskipun begitu, menurut seorang pakar mimpi sangat penting bagi kesehatan.

Seorang jurnalis di bidang sains, Alice Robb, percaya mimpi adalah bagian integral dari kesejahteraan psikologis. "Mimpi memainkan peran penting dalam beberapa sistem emosi dan kognitif yang paling penting, membantu membentuk ingatan, memecahkan masalah, dan menjaga kesehatan psikologis," tulisnya dalam Why We Dream seperti yang dikutip Okezone dari The Sun, Selasa (4/12/2018).

Dirinya menuturkan bila setiap orang harus menghargai mimpi yang dialaminya. Alice percaya bila seseorang menganggap mimpi bukan sesuatu yang penting sama saja dirinya seolah membuang hadiah untuk otak tanpa pernah membukanya.

“Selama tidur, lobus frontal otak yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan menjadi gelap. Selain itu, hippocampus yaitu proses memori baru terbentuk tidak dapat tercapai. Hal ini menyebabkan otak kembali ke sistem penyimpanan memori,” terang Alice.

Kondisi itulah yang menjelaskan alasan orang sering mengingat kenangan yang menakutkan atau tidak nyaman dalam mimpinya. Namun itu bukanlah hal yang buruk. Sebab beberapa penelitian menunjukkan bermimpi memiliki dampak positif pada keterampilan kehidupan sehari-hari.

Sebuah penelitian pada 2000 yang meneliti tidur 27 siswa dengan situasi bermain tetris selama berjam-jam setiap hari menemukan, tiga perlima siswa yang dibangunkan selama siklus REM mengungkapkan telah melihat balok dan batu bata dalam mimpinya. Menurut penelitian, mereka yang perlu meningkatkan keterampilan bermain memiliki jumlah penglihatan yang lebih tinggi.

Sementara itu, banyak yang percaya mimpi dapat mengingatkan pikiran sadar terhadap masalah di dalam tubuh kita. Sebagai contoh, mereka yang mengalami sleep apnea sering bermimpi tersedak bahkan sebelum didiagnosis. Dengan begitu mereka dapat mengantisipasi masalah kesehatan yang mungkin muncul. Sebab sleep apnea dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Dari penjelasan di atas maka dapat terlihat bila mimpi itu penting. Namun terkadang orang tidak bisa mengingatnya. Lantas bagaimana cara mendapatkan manfaat dari mimpi bila kondisinya demikian?

"Mengingatkan diri sendiri tentang niat saat tertidur. Ini dapat menghasilkan banyak kenangan di pagi hari. Selain itu, cobalah untuk menyimpan jurnal mimpi, menghindari alkohol sebelum tidur, dan berolahraga secara teratur. Bangun secara alami tanpa alarm juga dikatakan sebagai cara yang baik untuk mengingat kembali mimpi yang dialami,” pungkas Alice.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini