nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Menarik Sepanjang Desember, Ada Hari Pelukan hingga Kemeriahan Malam Tahun Baru

Pisca Azalea, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 196 1986633 10-fakta-menarik-sepanjang-desember-ada-hari-pelukan-hingga-kemeriahan-malam-tahun-baru-kwX8CB61rQ.jpg Bulan Desember (Foto: Fieryredhead)

DESEMBER adalah bulan ke 12 dan bulan terakhir di tahun 2018 ini. Salah satu dari tujuh bulan dengan panjang 31 hari. Desember adalah bulan penuh cinta, kebahagian, dan bulan di mana kita mendapatkan kado atau hadiah pada waktu malam natal dan tahun baru.

Apa saja ya fakta menarik dari bulan Desember ini? Berikut Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik di bulan Desember yang dilansir dari Wonderslist, Selasa (4/12/2018).

 BACA JUGA:

Miss Jepang di Miss World 2018 Ternyata Keturunan Langsung Legenda Samurai Jepang!

Internasional hug day (hari pelukan sedunia)

 

Hari pelukan ini dimaksudkan untuk menjadi tindakan berbuat kebaikan secara acak dan tindakan tanpa pamrih yang dilakukan untuk membuat orang lain merasa lebih baik. Hari pelukan sedunia ini dirayakan setiap 4 Desember.

Berikan semua orang yang Anda cintai pelukan hari ini. Lilitkan tangan Anda di sekitar dia dalam pelukan erat yang mendalam. Jika seseorang yang dikasihi jauh, kirimkan e-pelukan atau kirimi mereka puisi mengenai hari berpelukan ini atau cara romantis lain untuk merayakan hari berpelukan ini.

Hari bunga musim dingin

 

Hari bunga musim dingin ini biasanya mejadi momen penghargaan untuk bunga- bunga yang tumbuh di halaman rumah atau kebun Anda pada musim dingin. Tentu saja ini biasa dilakukan di negara yang memiliki musim dingin.

Hari hak asasi manusia

 

Hari hak asasi manusia dirayakan setiap tahun di seluruh dunia pada 10 Desember. Tanggal tersebut dipilih untuk menghormati the United Nations General Assembly’s adoption and proclamation, pada 10 December 1948, dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR). Hari itu merupakan pengungkapan global pertama tentang hak asasi manusia.

Baca juga: Cantiknya Ratu Wushu Indonesia Pakai Syar'i kini Sudah Menikah Lho!

Monkey day (hari monyet)

 

Kedengarannya memang aneh, namun hari monyet ini memang ada di beberapa negara. Hari monyet adalah hari libur tidak resmi yang dirayakan secara internasional pada setiap 14 Desember.

Adanya hari monyet ini dimulai pada tahun 2000 ketika pendiri Casey Sorrow bercanda menulis hari monyet di kalender seorang teman. Dan, hari ini pertama kali dirayakan oleh penduduk Lansing dan mahasiswa seni di Michigan State University. Sejak itu, Hari monyet telah dirayakan secara internasional, di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Inggris.

Dimulainya musim dingin

 

Desember memang menjadi bulan dimulainya musim dingin negara yang memiliki 4 musim. Ini adalah waktu yang pas untuk bersenang-senang bersama keluarga dan kerabat. Tentu saja di Indonesia tidak memiliki musim dingin karena Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Nah, saat ini Indonesia memasuki musim penghujan, hal ini juga bisa dijadikan waktu berkumpul bersama keluarga dan kerabat saat weekend dan menciptakan sebuah kehangatan sendiri.

Hari Forefather’s

 

Forefather’s sendiri jika diartikan berarti leluhur atau nenek moyang. Hari Forefathers adalah hari yang dirayakan di Plymouth, Massachusetts, Amerika Serikat pada 22 Desember. Hari Forefathers adalah hari perayaan yang terkenal dan wajib dirayakan di Plymouth.

Humanlight, hari perayaan humanis

 

Humanlight adalah hari perayaan humanis yang dirayakan pada 23 Desember. HumanLight adalah sebuah perayaan modern, yang diciptakan untuk memberikan perayaan humanis menjelang natal.

Humanis sendiri menurut KBBI adalah orang yg mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yg lebih baik, berdasarkan asas peri kemanusiaan, pengabdi kepentingan sesama umat manusia atau penganut paham yang menganggap manusia sebagai objek terpenting.

Malam natal

 

Malam natal adalah malam atau sehari sebelum hari natal, perayaan tahunan yang dirayakan di seluruh dunia ini untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Malam natal terjadi pada 24 Desember dan ini dianggap sebagai salah satu perayaan yang paling signifikan secara budaya bagi umat kristiani.

Hari natal

 

Jika yang sebelumnya membahas perayaan malam atau sehari sebelum natal. Nah, ini adalah perayaan natalnya. Perayaan ini adalah peringatan tahunan kelahiran Yesus Kristus. Hari ini pada umumnya dirayakan pada 25 Desember oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Malam tahun baru

 

Malam tahun baru adalah hari terakhir sebagai penutup tahun, perayaan malam tahun baru ini dirayakan pada 31 Desember. Di banyak negara, malam tahun baru dirayakan dengan mengadakan pertemuan antarkeluarga dan kerabat, di mana banyak orang menari, makan dan minum bersama, adapula yang menonton atau menyalakan kembang api untuk menandai awal tahun baru.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini