nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Novelis Nh. Dini Tutup Usia, Ucapan Belasungkawa Banjiri Media Sosial

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 19:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 196 1986839 novelis-nh-dini-tutup-usia-ucapan-belasungkawa-banjiri-media-sosial-uVx18TtPvK.jpg Nh Dini (Foto: perjalanansugi/Instagram)

NOVELIS senior, Nh. Dini hari ini tutup usia. Berdasarkan informasi yang beredar, dirinya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Gombel, Semarang sehabis menjalani pengobatan. Mobil yang ditumpanginya tertimpa muatan truk yang mengakibatkan perempuan berusia 82 tahun ini mengalami gegar otak.

Informasi mengenai berpulangnya Nh. Dini diketahui dari kicauan di akun Twitter @bukugpu. “Sore ini kita berduka, sastrawan Indonesia Ibu Nh. Dini telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta. Segenap redaksi Gramedia Pustaka Utama mengucapkan turut berduka cita yg sedalam-dalamnya. Semoga Ibu Nh. Dini mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. #bukugpu,” tulisnya seperti yang dikutip Okezone, Selasa (4/12/2018).

 (Baca Juga:Viral, Ning-Ning si Orangutan Meremas Payudara Penjaga Kebun Binatang)

Rekan seprofesi yang juga sastrawan senior, Goenawan Mohamad, turut menyampaikan kabar duka tersebut. “Wafat, Nh.Dini. Kabar yg saya terima karena kecelakaan mobil. Novelis kelahiran 1936 ini sastrawan terkemuka dari generasi yg muncul pertama kali di majalah Kisah. Karyanya: Pada Sebuah Kapal, Namaku Hiroko. Semoga ia beristirahat dalam damai,” tulisnya melalui akun Twitter, @gm_gm.

Semasa hidup, Nh. Dini sangat menyenangi dunia tulis menulis. Tak hanya novel, perempuan kelahiran 29 Februari 1936 itu juga menelurkan karya-karya lain seperti cerpen, sajak, dan prosa. Beberapa kali penggalan karyanya juga sering dijadikan bahan soal untuk ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 (Baca Juga:Cantiknya Ratu Wushu Indonesia, Lindswell Kwok yang Kini Berhijab Syar'i)

(Foto: perjalanansugi/Instagram)

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain Namaku Hiroko, La Barka, Pertemuan Dua Hati, Sebuah Lorong di Kotaku, berbagai kumpulan cerpen, dan masih banyak lagi. Salah satu karya Nh. Dini yang cukup fenomenal adalah Pada Sebuah Kapal. Novel ini pertama kali terbit pada 1972 namun hingga di 2018 masih dicetak ulang.

Tak sedikit penggemar yang menyampaikan belasungkawa setelah kabar duka ini beredar. Hal ini terlihat dari tulisan di media sosial. Akun Twitter @Awidena6476 menuliskan, “Turut berdukacita. Terimakasih atas semua karya² beliau yg hingga kini masih menjadi pengantar sebelum lelap.” Sementara akun @sekarde menuliskan, “Semoga beristirahat dengan tenang. Beliau salah satu penulis favorit ku ketika sekolah. 🙏🙏🙏.”

Selamat jalan Nh. Dini, salah satu sastrawan terbaik kebanggaan Indonesia, karyamu akan selalu dikenang!

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini