nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Anda Harus Membersihkan Microwave Setiap Hari

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 04 298 1986488 alasan-anda-harus-membersihkan-microwave-setiap-hari-KKeTTOQqVP.jpg Membersihkan microwave (Foto: Foxnews)

MICROWAVE merupakan salah satu peralatan dapur yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai hidangan lezat. Meski sangat praktis untuk dioperasikan, kebersihan microwave ternyata harus tetap dijaga.

Menurut sebuah sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kimberly Clark, hasil survei dari 5.000 lokasi berbeda termasuk perumahan dan kantor, lebih dari 48% gagang microwave diklaim memiliki 300 adenosine triphosphate (ATP). ATP ini merupakan molekul yang menyediakan energi untuk makhluk hidup.

Baca juga: Para Sagitarius, Ini Peruntunganmu Perihal Karier dan Keuangan Sepanjang Desember

ATP juga sering digunakan sebagai indikator penelitian untuk menunjukkan seberapa kotor suatu benda. Jumlah ATP yang menyentuh angka 300 atau lebih tinggi, diklaim dapat menularkan beragam penyakit berbahaya.

Sementara itu, penelitian menemukan bahwa gagang microwave merupakan salah satu area yang paling banyak dihinggapi bakteri E.coli. Penelitian yang dilakukan oleh Julie Torruellas-Garcia, PhD, telah menganalisis beberapa sampel.

"Microwave biasanya digunakan untuk memasak makanan dan juga mencairkan daging. Daging mentah membawa bakteri seperti E.coli dan Salmonella. Kadang-kadang, makanan berceceran di sekitar microwave dan tidak dibersihkan," tutur Julie.

Baca juga: Merangkak 3 Kilometer ke Sekolah, Adul Ungkap Cita-Cita untuk Kuliah

Menjaga bahan makanan agar tidak tumpah saat berada di dalam microwave memang tidak mudah. Oleh karena itu, benda tersebut harus dibersihkan secara rutin untuk menghentikkan perkembangan kuman dan bakteri penyakit.

Cara membersihkan microwave sebetulnya sangat mudah dan praktis, Anda hanya perlu menggunakan air hangat dan larutan sabun. Setelah itu, sediakan pula 1/2 cangkir air, 1/2 cangkir cuka putih, mangkuk untuk menampung air, dan kain microfiber. Taruh air cuka ke dalam mangkuk, lalu nyalakan microwave hingga uapnya memenuhi kaca dan bagian dalamnya.

Biarkan microwave dingin selama beberapa menit, lalu bersihkan. Mudah bukan? Demikian dilansir dari Foxnews, Selasa (4/12/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini