nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eksotisme Maluku Utara, Salah Satu Bali Baru Indonesia

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 19:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 04 406 1986837 eksotisme-maluku-utara-salah-satu-bali-baru-indonesia-A3gESn2KPq.jpg Ternate

MALUKU – Pesona wisata Maluku Utara diyakini tak kalah ekositis dari Bali yang sudah tersohor hingga mancanegara. Tentu pernyataan ini bukan tanpa alasan. Maluku Utara memiliki pulau-pulau menawan dan panorama bawah lautnya sangat kaya. Begitu pula dengan wisata pegunungan, sejarah dan budaya.

Maluku Utara terkenal dengan pulau segitiga emas, terdiri dari Ternate, Tidore, dan Morotai. Di Ternate bertabur tempat wisata, mulai dari hamparan pantai, wisata sejarah, hingga gunung. Begitu juga dengan Tidore yang kaya akan wisata bahari, Danau Laguna yang begitu terkenal, hingga wisata sejarah kesultanan.

Provinsi Maluku Utara memang terkenal dengan sebutan Moloku Kie Raha atau Kesultanan Empat Gunung di Maluku. Pada mulanya daerah ini merupakan wilayah empat kerajaan besar Islam Timur. Tentu, ini menjadi wisata bersejarah yang menarik.

Sementara Morotai, namanya cukup masyhur pasca-event besar Sail Morotai 2012. Di sana terdapat Pulau Matita, yang didiami hiu. Banyak wisatawan diving bersama hiu di pulau tersebut. Morotai merupakan destinasi andalan Indonesia yang gencar dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata. Morotai adalah satu dari 10 Bali Baru.

Destinasi terkenal di Maluku Utara lainnya adalah Pulau Widi di Halmahera Selatan. Ada pula destinasi wisata unik nan-menawan, Goa Boki Maroru di Halmahera Tengah, yang seakan tak berujung.

Deretan destinasi wisata yang tersaji, menjadikan Maluku Utara sebagai tujuan wisata yang tepat untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan. Pesona wisata Maluku Utara sudah banyak dilirik wisatawan asing. (ris)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini