nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Travel Blogger Kenny Santana Ungkap Pentingnya Menggunakan Asuransi saat Melancong ke Luar Negeri

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 23:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 406 1986902 travel-blogger-kenny-santana-ungkap-pentingnya-menggunakan-asuransi-saat-melancong-ke-luar-negeri-pwDSbjKt00.JPG Travel blogger Kenny Santana (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

TRAVELING saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak terlepas dari gaya hidup banyak orang. Bahkan, tak sedikit yang rela menabung hingga berbulan-bulan demi mendapatkan tiket dan akomodasi di destinasi impiannya.

Namun ternyata, masih banyak traveler yang mengabaikan beberapa elemen terpenting dalam dunia pariwisata ini. Salah satunya adalah masalah asuransi.

Selain menyiapkan tiket, akomodasi, dan budget khusus untuk keperluan selama traveling, asuransi dinilai penting karena dapat meng-cover keperluan atau kejadian tak terduga yang dialami traveler.

Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh salah seorang Travel Blogger Indonesia, Kenny Santana. Menurut pemilik akun Instagram @kartuposinsta itu, asuransi wisata sangat cocok bagi traveler yang hendak melancong ke luar negeri.

 (Baca Juga:Viral, Ning-Ning si Orangutan Meremas Payudara Penjaga Kebun Binatang)

"Kalau ke luar negeri kita takutnya ada kenapa-kenapa, kalau di Indonesia kita mungkin sudah familiar sengan keadannya. Tapi kalau kita kecelakaan di luar negeri, biaya rumah sakitnya bisa ribuan dollar. Dengan asuransi bisa di-cover semua," tutur Kenny saat ditemui Okezone, di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Sebagai travel blogger yang rutin melakukan perjalanan jauh ke berbagai belahan dunia, Kenny mengungkapkan bahwa fungsi asuransi ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat bagi para penggunanya. Tidak hanya digunakan sebagai alat untuk membayar keperluan medis, asuransi juga dapat membantu wisatawan ketika mendapati kejadian-kejadian tak terduga seperti pesawat atau bagasi yang delay.

 (Baca Juga:Wacana Tiket Masuk TN Komodo Naik Rp7 Jutaan untuk Wisman, Kemenpar: Usulannya Lagi Dibahas)

"Pengalaman saya beberapa waktu lalu, kalau bagasi delay, kita bisa mengklaim asuransi lalu dikasih uang untuk belanja keperluan. Jumlahnya tergantung tier asuransinya. Waktu itu pesawat saya delay 12 jam juga dapat kompensasi sekira Rp 2,6 juta. Cara tinggal minta surat dari airlines untuk klaim," jelas Kenny.

Tidak hanya itu, jika suatu waktu anggota keluarga si pengguna asuransi meninggal dunia, dan ia harus kembali ke Tanah Air, pihak asuransi akan menanggung seluruh biaya perjalanan pulang khususnya tiket pesawat.

"Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan asuransi wisata. Even kalau hanya liburan ke Singapura selama tiga hari, traveler bisa mengambil asuransi lepas (ketengan) yang kini banyak ditawarkan sejumlah perusahaan. Biayanya relatih terjangkau berkisar Rp100 ribu-Rp150 ribu," tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini