nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penyakit Musim Hujan yang Patut Diwaspadai, Simak Cara Pencegahannya!

Yosua Tobing, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 481 1986842 5-penyakit-musim-hujan-patut-diwaspadai-simak-cara-pencegahannya-uqd6x2DRs7.jpg Ilustrasi (Foto: Skymetweather)

KETIKA musim hujan, setiap orang mungkin akan rentan terserang penyakit, salah satu faktornya karena daya tahan tubuh menurun.

Selain menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang sakit, ada baiknya mewaspadai sejumlah penyakit yang sering muncul di musim hujan dengan melakukan pencegahan.

Utamanya, masalah kesehatan yang perlu diwaspadai adalah WILD (Water-borne diseases, Influenza, Leptospirosis, and Dengue). Berikut penjelasan sekaligus tindakan pencegahannya yang dilansir Okezone dari Rappler:

1. Penyakit kolera dapat melalui air, infeksi usus akut yang disebabkan oleh konsumsi makan atau air yang terkontaminasi dengan bakteri Vibrio Cholerae. Biasanya gejala utamanya, muntah, cepat dehidrasi, mata yang cekung, kulit keriput, dan kering.

Cara mencegahnya harus minum air yang aman dan bersih, jika bisa harus rebus air minum mencapai titik didih, perpanjang selama 3 menit atau lebih, jauhkan makanan dari serangga atau tikus dengan menutupnya, cuci dan masak makanan dengan benar, jagalah kebersihan lingkungan untuk mencegah hewan tersebut berkembang biak.

2. Hepatitis A, biasanya virus yang dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan kotoran manusia dan air kencing dari mereka yang terinfeksi hepatitis A. Gejala awal bagi penderita adalah demam, flu, ketidaknyamanan perut, setelah beberapa hari dapat menyebabkan penyakit kuning.

Anda dapat mencegahnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan sesudah makan, buang kotoran pada tempatnya dengan benar dan bersih.

3. Berikutnya demam tifoid, penyakit menular yang dikenal sebagai demam enterik. Penyakit ini bisa ditularkan melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak dekat dengan seorang yang terinfeksi. Gejala umum penderita adalah demam tinggi berkelanjutan, saklit kepala, rasa sakit tidak enak, anorexia, diare atau sembelit.

demam

Anda bisa mencegah dengan menghindari air minum yang tidak diolah, rebus air minum sampai mendidih dan perpanjang selama dua menit atau lebih. Kemudian, masak makanan dengan baik, lalu menutupnya.

Selanjutnya, hindari makanan jalanan yang tidak sehat, cuci tangan sebelum makan dengan benar, jaga kebersihan lingkungan untuk mencegah perkembangan lalat. Jangan lupa imunisasi dengan vaksin oral suntik pra-kualifikasi WHO.

Baca Juga: Awet Muda, Ibunda Nia Ramadhani Tak Kalah Cantik dari Anaknya

4. Influensa adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, ini dapat ditularkan melalui kontak dengan orang yang batuk atau bersin. Virus ini bisa juga ditularkan melalui permukaan bahan permukaan bahan dan pakaian yang terkontaminasi kotoran dari orang yang terinfeksi. Biasanya gejalanya demam tinggi, sakit kepala, hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, nyeri otot atau sendi.

Penyakit Musim Hujan

Cara mencegahnya bisa dengan menghindari tempat-tempat yang ramai, tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, sering mencuci tangan, vaksin flu tahunan, minimal jarak dengan orang terinfeksi setidaknya satu meter.

Baca Juga: Miss Jepang di Miss World 2018 Ternyata Keturunan Langsung Legenda Samurai Jepang!

5. Terakhir dengue, penyakit yang umumnya di negara-negara tropis dan sub-tropis di dunia. Biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Demam dengue biasanya menyerang anak-anak dan dapat berpotensi fatal.

Untuk mencegahnya, tutup drum air atau ember air setiap saat untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Kemudian, ganti air dalam vas bunga seminggu sekali, bersihkan semua wadah air seminggu sekali, bersihkan selokan sehingga air hujan tidak akan menggenang sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. Lalu, buang barang-barang bekas yang dapat menampung air di halaman rumah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini