nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Titi Kamal dan Christian Sugiono Cegah Anak Jadi 'Generasi Nunduk'

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 17:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 05 196 1987227 cara-titi-kamal-dan-christian-sugiono-cegah-anak-jadi-generasi-nunduk-TfI0vxYKvF.jpg Keluarga Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: Blenda/Okezone)

PADA zaman serba digital ini, hampir semua orang memiliki gadget-nya masing-masing. Bahkan seringkali terlihat anak kecil sudah memegang smartphone, entah itu untuk bermain game atau mengakses media sosial.

Saking mewabahnya virus ‘gadget’ ini, netizen pun sampai memberikan julukan baru bagi anak-anak muda bahkan orangtua yang kecanduan gadget, yaitu ‘generasi nunduk’. Disebut demikian karena kebanyakan orang zaman sekarang hanya menunduk sambil memainkan gadget-nya, dan bukannya aktif bersosialisasi.

Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana sih cara mencegah anak agar tidak jadi ‘generasi nunduk’? Sebagaimana yang kita ketahui, Titi Kamal dan Christian Sugiono memiliki dua anak laki-laki, Juna dan Kai yang baru lahir akhir tahun lalu.

 (Baca Juga:Adu Penampilan Gaya Krisdayanti dengan Mantan Istri Raul Lemos, Siapa Lebih Kece?)

“Kita emang ngebiasain dari dia (anak) sedini mungkin, dari sebelum bisa jalan kali ya. Memang aku biasain ke alam, ketemu sungai, ketemu laut, ketemu pasir, merasakan semua elemen-elemen alam,” ujar Titi Kamal saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

“Intinya sih jangan kasih lihat keseruan gadget. Jangan dikasih lihat kalau gadget tuh seru, (anak) dibikin enggak usah tahu aja, dibikin sesuatu yang serunya itu seperti berenang. Karena once dia tahu kalau gadget itu seru, dia pasti akan (berpaling) ke yang lebih seru,” tambah Christian Sugiono atau yang akrab disapa Tian.

 

Walau begitu, pasangan yang menikah pada tahun 2009 ini mengaku tetap memperkenalkan gadget kepada Juna agar tidak ketinggalan zaman. “Sebenarnya gadget supaya dia enggak ketinggalan zaman kita tetap perkenalkan, tapi ada batasan waktunya,” pungkas Titi Kamal.

 (Baca Juga:Viral Putri Duyung India, Habiskan 14 Jam Berenang di Danau Setiap Hari!)

Kemudian, mereka membeberkan lebih lanjut lagi bagaimana cara mereka untuk membatasi penggunaan gadget pada anak-anak. “Papanya tuh yang suka bilang ‘5 menit aja ya (main gadgetnya)’ atau ’10 menit aja ya’,” ucap Titi.

“Kalau gue ngecas baterai (hp), dicasnya 10% saja. Jadi begitu baterainya habis, ya sudah selesai (main gadgetnya),” ungkap Tian.

Mereka berdua pun mengungkapkan bahwa Juna suka bermain game atau browsing Youtube saat bermain gadget.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini