nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netizen Malaysia Memanas ketika Cendol Diklaim Berasal dari Singapura

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 07:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 298 1986963 netizen-malaysia-memanas-ketika-cendol-diklaim-berasal-dari-singapura-H0cKeT21Dg.jpg Es Cendol Diklaim Singapura (Foto: Soyacincau)

NETIZEN Malaysia mendadak heboh saat CNN International menobatkan cendol sebagai salah satu makanan pencuci mulut terlezat di dunia asal Singapura. Klaim sepihak ini memang cukup mengejutkan mengingat cendol dapat ditemui di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Menurut pengakuan jurnalis CNN, Jen Rose Smith, berbeda dengan Inggris yang gemar menyeruput teh di sore hari, warga Singapura ternyata memiliki kebiasaan menikmati semangkuk cendol menjelang malam hari.

Baca juga: 5 Penyakit Musim Hujan Patut Diwaspadai, Simak Cara Pencegahannya!

Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Siapa yang bisa menahan kelezatan semangkuk es serut yang disajikan dengan olahan gula melaka, santan segar, dan agar-agar bertekstur kenyal dengan aroma pandan yang menggugah selera.

Baca juga: Gemas, Viral Video Kucing Sit-Up di Kolong Mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cendol dapat ditemui di beberapa negara Asia Tenggara. Namun entah mengapa, warga Malaysia merasa keberatan jika asal usul cendol dinyatakan berasal dari Singapura.

Menanggapi isu ini, beberapa netizen langsung melontarkan protes keras di media sosial. "CNN memasukkan cendol sebagai makanan pencuci mulut terlezat di dunia dari Singapura. Aku merasa tersinggung," tulis akun @anas_phoenix

"Dear CNN, cendol sepertinya berasal dari Malaysia atau Indonesia tetapi bukan dari Singapura. Saya rasa penulis artikel ini harus dilarang memakan cendol," tulis yang lainnya.

Beberapa netizen Singapura nampaknya sepakat dengan pernyataan para netizen Malaysia. Mereka bahkan tidak ada keinginan mengklaim cendol sebagai salah satu kuliner tradisional Singapura.

"Aku tidak setuju dengan daftar yang dikeluarkan CNN. Selain itu, kami menyebut makanan tersebut dengan tambahan huruf 'h' yakni, cendhlol," tulis akun @dy158

"Meski aku memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, aku masih memiliki moral dan harga diri untuk tidak mengklaim cendol sebagai kuliner Singapura," tulis akun Giri Dev Nair.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini