nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Cepat Mati Muda? Ikuti Saja Gaya Hidup Tak Sehat Ini

Adinda Harum, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 12:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 481 1987053 mau-cepat-mati-muda-ikuti-saja-gaya-hidup-tak-sehat-ini-Nf4Aig4nUm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEROKOK dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin, seperti itulah slogan pada setiap bungkus rokok. Namun nyatanya masih banyak orang yang merokok di segala umur.

Merokok hanyalah salah satu cara mempercepat kematian, tapi banyak diabaikan orang, Dilansir Okezone dari Dailymail, bukan hanya rokok saja tapi ada beberapa makanan dan minum yang bisa mempercepat kematian juga loh.

“Sembilan dari sepuluh orang dewasa Inggris memiliki setidaknya satu sifat tidak sehat terkait dengan kematian dini, seperti minum terlalu banyak alkohol, merokok, atau makan makanan yang buruk," ungkap survei NHS.

Baca Juga: Viral, Ning-Ning si Orangutan Meremas Payudara Penjaga Kebun Binatang

Gaya hidup yang tak sehat juga sangat meningkatkan peluang terkait kematian dini. Sebuah survei tahunan oleh NHS menunjukkan, hanya 13 persen orang dewasa yang mengelola untuk menghindari gangguan serius pada kesehatan mereka. Sebagai perbandingan, 19 persen orang dewasa dianggap memiliki lebih dari tiga ciri tidak sehat yang terbukti mencukur masa hidup mereka.

Menurut survei NHS, sembilan dari setiap 10 orang di Inggris memiliki sifat atau kebiasaan yang membuat mereka lebih mungkin untuk mati muda, seperti merokok, minum alkohol, tidak berolahraga atau makan sehat, atau menjadi gemuk.

NHS juga mengukur kesehatan berdasarkan apakah orang merokok, minum terlalu banyak alkohol, makan cukup buah dan sayuran, kegemukan, dan cukup berolahraga. "Pilihan yang tidak sehat meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker," kata Susannah Brown, ilmuwan senior di World Cancer Research Fund.

Baca Juga: Mengulik Asal-usul Tanjakan Gombel, Lokasi Kecelakaan Novelis Nh Dini

Sungguh mengkhawatirkan bukan? Setengah orang dewasa memiliki dua atau lebih dari faktor-faktor risiko ini, terutama sebagian orang tahu bahwa sekitar 40 persen dari kasus kanker dapat dicegah.

Tanggung jawab untuk hidup sehat tidak hanya bergantung pada individu, seluruh masyarakat diperlukan untuk menciptakan lingkungan bagi orang-orang dan masyarakat yang kondusif untuk hidup sehat.

Karena itu, sebaiknya Anda harus memulai gaya hidup baru yang sehat, sehingga terhindar dari buruknya wadah penyakit dan jangan lupa untuk mengonsumsi mineral yang cukup di setiap harinya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini