nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Sangka, 6 Benda Ini Lebih Jorok dari Dudukan Toilet

Bagas Taruna , Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 05 481 1987137 siapa-sangka-6-benda-ini-lebih-jorok-dari-dudukan-toilet-pITh9PN7mP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TOILET dianggap sebagai area paling kotor, lantaran tempat pembuangan kotoran berada di sini. Oleh karena itu, beberapa orang akan membawa tisu cadangan untuk membersihkan dudukan toilet pastinya memiliki bakteri.

Padahal, ada beberapa benda yang sering kita pegang tapi lebih kotor dari dudukan toilet. Dikutip dari Reader’s Digest, berikut adalah benda yang sehari-hari Anda temui dan pegang setiap hari namun acuh terhadap bakteri di permukaannya.

1. Talenan

Menurut peneliti dari Universitas Arizona, bahwa talenan memiliki 200 kali bakteri lebih banyak dari dudukan toilet. Karena bukan hanya sayuran, daging mentah pun memiliki bakteri, begitu juga organ hewan. Bersihkan dengan rutin agar bakteri lepas dari talenan.

Baca Juga: Viral, Ning-Ning si Orangutan Meremas Payudara Penjaga Kebun Binatang

2. Gadget


Studi dari Amerika pada 2011 menunjukkan bahwa 75 persen orang Amerika membawa gawainya ke toilet sambil menulis pesan, surel, dan menelepon. Penelitian dari Inggris di 2013 juga menyatakan bahwa bakteri di gawai bisa menimbulkan sakit perut.

3. Pegangan keran

Bakteri bisa berlabuh hingga 21-44 kali lebih banyak daripada dudukan toilet di tempat ini. Karenanya, pastikan untuk membersihkannya agar tidak menyesal mencuci tangan dari keran rumah namun mengambil bakteri dari pegangannya.

4. Keyboard komputer


Tiap hari akan ada kuman dari tangan Anda yang berpindah menuju keyboard komputer. Penelitian dari Inggris mengungkap bahwa keyboard mampu menampung 5 kali lebih banyak bakteri daripada toilet. Maka, jangan lupa untuk membersihkan permukaannya setelah Anda menggunakan komputer.

Baca Juga: Mengulik Asal-usul Tanjakan Gombel, Lokasi Kecelakaan Novelis Nh Dini

5. Remote TV


Tentu saja, selain dari tangan, kuman dari sofa, remah-remah kudapan, atau bokong Anda, ketika tidak sengaja mendudukinya akan hinggap di sini. Jangan lupa membersihkannya secara berkala terlebih bagian sela tombolnya.

6. Tombol lift

Ketika ingin menekan tombol menuju lantai yang diinginkan, bakteri tengah siap berpindah ke tangan Anda. Tombol lift tersebut sudah dipegang berbagai tangan manusia lain, maka jangan heran bila Anda tiba-tiba sakit. Mungkin Anda mau menyumbang tisu basah untuk membersihkan tombol tersebut?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini