nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Ini agar Bayi Terhindar dari Infeksi Telinga

Alma Dwi, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 05 481 1987281 lakukan-ini-agar-bayi-terhindar-dari-infeksi-telinga-4Z8w8wlBlp.jpg Ilustrasi telinga bayi sakit (Foto: Lifehalth)

SEORANG anak yang baru lahir sangatlah sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus. Sedikit kelalaian pada si kecil akan memengaruhi kesehatannya. Bayi rentan terkena infeksi telinga karena anatomi saluran Eusthachius-nya lebih kecil dan pendek sehingga lebih mudah tersumbat.

Jika Anda tidak membersihkan telinga bayi Anda, maka mereka dapat menghadapi infeksi. Masalah ini menjadi penyebab ketidaknyamanan bagi mereka. Karena infeksi di telinga dapat meningkatkan risiko rasa sakit dan peradangan. Untuk memberikan bantuan kepada bayi Anda dari masalah ini, melansir Lifealth, Rabu (5/12/2018) berikut beberapa kiat sederhana yang bisa Anda ikuti agar bayi terhindar dari infeksi telinga.

 BACA JUGA:

Cara Titi Kamal dan Christian Sugiono Cegah Anak Jadi 'Generasi Nunduk'

Menjaga kebersihan

Untuk menjaga bayi aman dari infeksi, Anda harus menjaga kebersihan. Ada banyak kuman dan bakteri di lingkungan yang dapat masuk ke telinga bayi dan meningkatkan infeksi. Jadi selalu jagalah kebersihan telinga bayi Anda.

Menyusui

ASI adalah yang paling bermanfaat untuk kesehatan bayi karena mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh. ASI mengandung antibodi yang melindungi bayi dari segala bentuk infeksi.

 

Hindari pusat penitipan anak

Ada banyak anak di pusat penitipan anak dan karena itu tidak ada pembersihan secara lebih terhadap bayi Anda sehingga ada sejumlah besar bakteri yang masuk ke telinga bayi dan bisa menyebabkan infeksi.

Hindari bayi dari kawasan merokok

Tembakau yang ada dalam rokok melumpuhkan rambut, yang membuat tabung telinga bersih. Hal ini dapat meningkatkan produksi cairan dan lendir di telinga bayi.

 BACA JUGA:

Heboh Muasal Cendol, Enaknya Minum 3 Es Cendol Legendaris Ini

Jangan menyusui sambil berbaring

Dibandingkan dengan payudara, aliran susu meningkat ketika Anda memakai botol, yang meningkatkan kemungkinan susu masuk ke tabung Eusthachius bayi. Bersamaan dengan ini, ketika Anda memberi susu kepada bayi sambil berbaring, susu juga bisa masuk ke rongga hidung yang bisa menyebabkan telinga bayi mengalami infeksi. Untuk melindungi anak dari infeksi di telinga, beri mereka susu sambil tetap di pangkuan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini