nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Bisul Makin Parah, Gunakan Pengobatan Alami Ini di Rumah

Noor Chotijah , Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 21:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 481 1987297 jangan-sampai-bisul-makin-parah-gunakan-pengobatan-alami-ini-di-rumah-itK7DHc9ZB.jpg Ilustrasi siku yang terkena bisul (Foto: Pinterest)

BISUL terjadi pada kulit ketika folikel rambut menjadi terinfeksi, biasanya awal kemunculan terlihat seperti benjolan merah kecil berisi nanah yang bisa sangat menyakitkan. Bisul ini akan terjadi karena faktor-faktor seperti kurang menjaga kebersihan, kelainan darah, diabetes, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dll.

Bisul juga akan timbul pada bagian yang tak terduga, seperti wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Hal ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan keringat yang menumpuk. Tentunya hal ini sangat menggangu dari semua aktivitas, biasanya saat bisul sudah matang tubuh akan terasa seperti meriang.

Jika sudah tejadi bisul pada bagian tubuh Anda, obat yang wajib dikonsumsi adalah antibiotik, untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan dari dalam. Jika tidak ingin minum obat, ramuan alternatif ini juga bisa mempercepat sakit bisul Anda.

 BACA JUGA:

Sinta Nuriyah Diberi Gelar Ibu Bangsa, Linda Gumelar: Dia Pantas Mendapatkannya

Salah satu obat yang efektif adalah kunyit, yang bisa Anda racik dengan mudah di rumah, seperti yang dilansir Boldsky, Rabu (5/12/2018). Kunyit sudah banyak diketahui dapat mengobati berbagai masalah pada kulit, dalam menyembuhkan rasa gatal dan nyeri.

Sifat antibakteri membantu dalam melawan bakteri dan jerawat. Kaya akan antioksidan, kunyit sangat membantu mengurangi kerusakan radikal bebas pada kulit.

Kunyit dan jahe

Sifat anti inflamasi dari kedua bahan ini bisa membantu dalam menyembuhkan bisul secara efektif. Ambil jahe dengan ukuran kurang lebih satu inci lalu dihaluskan seperti pasta kental, kemudian tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam mangkuk. Oleskan pada area bisul, biarkan sampai mengering lalu elap dengan kain halus. Gunakan ramuan ini 2 kali dalam sehari.

 

Kunyit dan yogurt

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok makan yogurt, aduk hingga merata ke dalam mangkuk bersih. Bisa Anda gunakan sebelum mandi, dan oleskan secara perlahan lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit, cuci saat mandi atau lap dengan kain basah.

 BACA JUGA:

Pertama Kalinya Bayi Lahir Sehat dari Rahim yang Dicangkok dari Jasad Orang Meninggal

Kunyit, cuka sari apel, dan krim susu

Cuka membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit dan krim yang menyehatkan sehingga membuat kulit lembut. Campurkan 1 sendok teh cuka, krim, dan bubuk kunyit, aduk semua bahan kemudian oleskan secara merata pada area bisul atau jerawat. Diamkan selama beberapa menit, bisa Anda gunakan dalam 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini