nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oseng Ungker, Kuliner Ekstrem Asal Grobogan yang Bikin Ketagihan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 08:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 298 1987454 oseng-kepompong-ulat-kuliner-ekstrem-asal-grobogan-yang-bikin-ketagihan-GyoKdPj6zX.jpg Tumisan ungker khas Grobogan (Foto: Gabriel Abdi Susanto/Okezone)

PERNAH membayangkan seperti apa rasanya menyantap daging ulat yang diolah dengan bumbu rempah-rempah? Meski tergolong ekstrem dan tidak biasa, kuliner ini ternyata cukup digemari oleh warga lokal di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Memasuki musim penghujan, warga biasanya akan berburu ungker atau kepompong ulat daun jati. Kuliner khas Grobogan ini memang dikenal memiliki sumber protein yang sangat tinggi dengan sensansi rasa gurih yang menggugah selera. Jadi jangan heran jika ungker menjadi salah satu kudapan favorit warga Grobogan.

Baca juga: Gemasnya Tingkah Ryan, Youtuber Cilik dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Nah, untuk mendapatkan ungker ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Para pemburu harus sabar memilah daun jati kering yang sudah berjatuhan di atas tanah. Ulat berwarna keemasan ini biasanya bersembunyi di balik daun jati yang melingkar.

Mengingat ungker cukup sulit untuk didapatkan, harganya pun relatif mahal yakni, Rp100 ribu - Rp150 ribu per kg ungker. Namun, jika Anda tertarik untuk mencicipinya, makanan berprotein ini bisa dikreasikan dengan berbagai cara. Paling praktis dioseng atau ditumis.

Dikutip Okezone dari berbagai sumber, Kamis (6/12/2018), berikut resep Tumis Ungker, menu musiman khas Kabupaten Grobogan yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa sajikan selagi hangat bersama nasi putih dan makanan pelengkap lainnya.

Bahan:

2 gelas ungker yang telah dibersihkan dan telah direndam air panas

10 lembar daun kedondong

1 lembar daun salam

1 ruas jari lengkuas

garam dan gula secukupnya

minyak utk menumis

Bumbu:

8 siung bawang merah, iris tipis

4 siung bawang putih, iris tipis

10 cabai rawit, potong-potong

Cara membuat:

Tumis semua bumbu ke dalam minyak panas. Tumis hingga harum;

Masukkan daun salam, lengkuas dan ungker. Aduk hingga rata. Tambahkan garam, gula, dan daun kedondong lalu tambahkan sedikit air;

Biarkan selama 5 menit, sampai bumbu meresap, dan air berkurang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini