nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pedasnya Menggigit, Berikut Resep Sambal Gledek hingga Sambal Patah Hati Milik Luna Maya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 09:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 298 1987459 pedasnya-menggigit-berikut-resep-sambal-gledek-hingga-sambal-patah-hati-milik-luna-maya-zPDP0hOhVe.png Seputar Sambal Pedas (Foto: Instagram)

BERBICARA soal sambal sepertinya tidak akan ada habisnya. Makanan yang menyuguhkan sensasi rasa pedas ini sudah lama menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia. Saking populernya, banyak orang yang menolak menyantap makanan jika makanan tersebut tidak disajikan dengan sambal.

Berdasarkan daerahnya, ada bermacam-macam variasi sambal dengan ciri khas masing-masing. Mulai dari sambal andaliman khas Sumatera Utara, sambal dabu-dabu khas Manado, hingga sambal terasi yang sudah familiar di telinga pencinta kuliner Indonesia.

Baca juga: Ukuran Jari Telunjuk dan Jari Manis pada Wanita Ungkap Kesetiaannya

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kreasi sambal kini menjadi lebih bervariasi dan unik. Contohnya adalah menu sambal patah hati yang ditawarkan oleh Waluma, restoran milik Luna Maya. Tidak banyak yang tahu bahwa sejak satu tahun lalu, mantan kekasi Reino Barack itu diam-diam merintis bisnis kuliner.

Banyak yang berasumsi bahwa pemilihan nama sambal patah hati ini berkaitan dengan kisah cinta Luna Maya dengan Reino yang kandas di tengah jalan, setelah menjalin hubungan selama kurang lebih 5 tahun.

Baca juga: Ukuran Jari Telunjuk dan Jari Manis pada Wanita Ungkap Kesetiaannya

Selain sambal hati, masih ada beberapa kreasi sambal lain yang tidak kalah unik. Misalnya sambal gledek. Mendengar namanya saja sudah bisa dibayangkan seperti apa sensasi rasa pedasnya. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Okezone, kata 'gledek' sebetulnya terinspirasi dari bahan dasar sambal itu sendiri.

Bayangkan saja, untuk membuat satu porsi sambal gledek, sejumlah restoran atau warung makan biasanya menggunakan 35 macam rempah-rempah dan puluhan cabai merah atau cabai rawit. Mantul !!

Tertarik untuk membuat sendiri olahan sambal gledek di rumah? Berikut Okezone rangkumkan resep lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (6/12/2018).

 

Sambal Gledek Praktis

Bahan-bahan :

2 porsi

250 gr cabe rawit merah

7 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1 sdt garam

gula pasir, secukupnya

Penyedap rasa sesuai selera

150 ml minyak goreng

Cara Membuat :

1. Iris tipis bawang merah dan putih, lalu tumis jangan sampai cokelat;

2. Blender kasa cabai rawit dengan tambahan minyak goreng;

3. Lalu tumis cabai rawit kasar dengan bawang dengan minyak, sampai minyaknya naik ke atas. Tips agar sambal awet dan tahan lama,gunakanlah minyak yang banyak;

4. Setelah matang matikan api, lalu tunggu agak hangat, kemudian masukan penyedap rasa dan gula garam.

5. Setelah sambal dingin bisa langsung Anda sajikan atau masukkan ke dalam toples jika ingin disimpan dalam waktu yang lama.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini