nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Solo Traveling, Banyak Lho Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 11:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 406 1987529 jangan-takut-solo-traveling-banyak-lho-manfaat-yang-bisa-anda-dapatkan-OVIxXrcuez.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang ingin melakukan solo traveling, tapi pada akhirnya hanya menjadi sebuah wacana. Memang, bepergian sendirian nampaknya kurang digemari oleh banyak orang, padahal ada beberapa keuntungan menjadi solo traveler. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk menjadi solo traveler?

"Jangan menunggu orang lain. Just go," ucap Kenny Santana, seorang travel blogger, saat menjawab pertanyaan tentang tips mendapatkan momen traveling terbaik.

Jika dipikir-pikir, kalimat yang diucapkan oleh Kenny ada benarnya juga. Selama ini masih banyak orang yang ingin melancong ke luar negeri, namun terpaksa mengurungkan niat karena tidak punya teman jalan, atau istilah kerennya travel mate.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Kerap Berpikiran Mesum, Anda Termasuk?

Padahal, menurut pemilik akun Instagram @kartuposinsta, melakukan perjalanan seorang diri (solo traveling) sebetulnya memiliki banyak manfaat bagi pengembangan diri.

"Banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Kita jadi tau rasanya tersesat dan mencari jalan keluar. Apalagi dengan keterbatasan bahasa. Aktivitas seperti inilah yang membuat kita bisa menghandle dan mengembangkan diri," tutur Kenny Santana saat ditemui Okezone belum lama ini.

Lebih lanjut Kenny menjelaskan, jika wisatawan masih ragu traveling sendirian, bisa diakali dengan menjajal negara-negara yang telah dikenal memiliki sistem keamanan yang tinggi.

"Bisa dicoba dulu ke negara-negara yang aman seperti Singapura dan Jepang. Kalau sudah enjoy bisa pilih destinasi yang lebih lagi menantang lagi," jelasnya.

Baca Juga: Viral Seberapa Miskin Elo di Medsos, Jawaban Netizen Bikin Ngakak!

Kenny tidak memungkiri, terkadang seseorang memang membutuhkan teman untuk mengobrol. Tapi harus diingat, kalau selalu menunggu teman benar-benar siap, kapan jalannya?

"Semua orang punya prioritas dan waktu masing-masing. Kalau sudah terlalu lama menunggu kenapa tidak langsung jalan saja. Saat solo traveling itu biasanya akan ada banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak kita prediksi. Ini bisa jadi salah satu pembelajaran untuk mendewasakan diri," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini