nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Sleep Texting, Gangguan Tidur yang Membuat Anda Mengirim Pesan Tanpa Sadar

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 481 1987762 mengenal-sleep-texting-gangguan-tidur-yang-membuat-anda-mengirim-pesan-tanpa-sadar-D78V0mliKA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda secara tidak sadar mengirim pesan saat tengah tertidur? Bila iya, Anda tidak sendiri. Kondisi ini dikenal dengan istilah sleep texting dan sedang meningkat di kalangan anak muda yang lebih sering menggunakan ponsel.

Para peneliti dari Villanova University mengatakan sleep texting berkaitan dengan kebiasaan menggunakan ponsel. Mereka melakukan penelitian terhadap 372 mahasiswa dan 25% di antaranya melaporkan mengirim pesan saat tidur. Uniknya 72% dari kelompok tersebut tidak ingat telah mengirim pesan.

"Mayoritas mahasiswa yang mengirim pesan saat tidur tidak memiliki ingatan telah melakukannya dan tidak tahu siapa yang dikirimi pesan. Hal ini tidak mengherankan karena sebuah penelitian terkait tidur menemukan orang yang terbangun setelah tidur lebih dari beberapa menit biasanya tidak dapat mengingat beberapa menit terakhir sebelum mereka tertidur," ungkap penulis utama penelitian, Elizabeth B. Dowdell seperti yang dikutip Okezone dari The Sun, Kamis (6/12/2018).

 (Baca Juga:Menakjubkan, Begini Wujud Replika Bahtera Nuh yang Habiskan Biaya Rp23 Miliar)

Menurut pakar tidur, Angela Crouch, sleep texting merupakan bentuk Parasomnia. Kondisi tersebut merupakan gangguan tidur yang hampir mirip dengan tidur sambil berjalan dan itu terjadi selama tahap tidur REM.

"Pada tahap ini, berbagai bagian otak terjaga dan tertidur. Artinya beberapa kegiatan seperti mengirim pesan diselesaikan hampir secara otomatis. Terutama bila mereka terus terpaku pada ponsel dan tipe yang langsung mengecek setiap kali mendapat pesan," terangnya.

 (Baca Juga:Gemasnya Tingkah Ryan, Youtuber Cilik dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia)

Mengirim pesan secara tidak sadar mungkin dapat membuat seseorang merasa malu. Entah itu karena isi pesannya atau bahkan karena mengirim pesan ke atasan. Beruntung kebiasaan ini dapat dihentikan dengan cara yang mudah.

Mereka yang mengalami sleep texting harus berhenti menggunakan ponsel di tempat tidur. Kalau perlu, letakkan ponsel dari tempat yang sulit untuk dijangkau. Dengan begitu mereka lebih sulit untuk secara tidak sadar mengecek ponsel dan mengirim pesan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini