nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Alasan Anda Tetap Begadang Meski Tahu Dampak Buruknya

Yosua Tobing, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 06 481 1987782 4-alasan-anda-tetap-begadang-meski-tahu-dampak-buruknya-wKdWr4GbRC.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

ANDA punya hobi begadang? Menonton televisi atau video, bermain game atau kumpul bareng teman-teman menjadi aktivitas yang sering dilakukan saat begadang. Pernahkah terpikir, kita sering begadang padahal mengetahui dampak buruknya?

Dampak begadang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya, tetapi selalu terlambat sadar saat sudah terjadi. Tapi, apa yang membuat Anda terlambat menyadari? Berikut alasan yang menghambat Anda terlambat sadar padahal mengetahui efek buruk dari begadang yang dilansir Okezone dari Thought Catalog:

Ketidakpuasan dengan pencapaian hari ini

Mungkin merencanakan hari Anda dapat membantu tidur di malam hari. Pada dasarnya Anda akan menyulap prioritas karena perencanaan yang buruk, tidak dapat merasa puas dengan kemajuan yang Anda terima hari itu. Perasaan ini memungkinkan menimbulkan beban dari rasa bersalah dan itu juga tidak memungkinkan kedamaian di pikiran.

Sibuk, depresi, marah atau emosional yang tidak terselesaikan

Tidak ada yang ingin berbaring dalam kegelapan dan mengasingkan semua perasaan terburuk mereka. Mungkin ini alasan banyak orang memilih untuk menghindar. Namun, penghindaran memiliki segala macam efek samping. Cobalah menghadapi perasaan Anda dalam waktu singkat sebelum tidur agar mengerti permasalahan yang Anda hadapi.

Tidur Merasa Lapar

Sistem syaraf otonomik mengendalikan rangsangan

Otak Anda mengatur rangsangan psikologis Anda (kewaspadaan atau terjaga). Namun, Anda perlu menyadari bahwa hal-hal yang dapat membuat Anda terjaga atau waspada; sakit fisik, potensi bahaya fisik, takut akan keselamatan Anda (termasuk mimpi buruk), potensi bahaya sosial (sebagian besar karena stres), dan stres terus-menerus.

Baca Juga: KB Gel Pilihan Kontrasepsi Baru untuk Laki-Laki, Begini Faktanya!

Ketergantungan kafein

Apa Anda sadar sudah berapa banyak kafein pada tubuh Anda? Minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Karena itu, kurangi kebiasaan begadang yang akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Jadi buat apa Anda terus-menerus begadang padahal Anda tahu bahaya dari begadang?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini