Rekomendasi 5 Tempat Wisata Kuliner di Pontianak yang Wajib di Jelajahi

Advertorial, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 07 12 1988260 rekomendasi-5-tempat-wisata-kuliner-di-pontianak-yang-wajib-di-jelajahi-wqhFA7IvrY.jpg source: bacaterus.com

PONTIANAK memiliki percampuran budaya yang sangat kaya. Suku lokal Kalimantan seperti Dayak dan Banjar menghasilkan produk budaya yang memikat seperti makanan khas. Selanjutnya budaya yang berasal dari Jawa dan masyarakat Tionghoa yang berbaur dengan baik sejak ratusan tahun silam juga menghasilkan produk budaya yang hebat.

 Airyrooms

(sumber : bacaterus.com)

Perpaduan banyak sekali produk budaya di Pontianak menyebabkan kuliner di kawasan khatulistiwa ini sangat unik. Ada banyak kuliner asli yang masih autentik dan wajib untuk dicoba saat Anda melakukan penjelajahan. Berikut rekomendasi beberapa tempat wisata di Pontianakkategori kuliner yang wajib diburu saat berkunjung.

1. Kwetiau Apollo

Bagi warga Pontianak, kwetiau adalah salah satu kuliner lokal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan. Setidaknya hampir setiap jalan ada yang menjual kuliner ini dengan berbagai modifikasi. Salah satu kedai kwetiau yang cukup terkenal di Pontianak adalah Kwetiau Apollo yang terletak di Jalan Pattimura No.63, Darat Sekip, Kota Pontianak.

Masakan paling terkenal dari kedai ini adalah kwetiau goreng dan kwetiau kuah siram daging sapi. Selain olahan mi gepeng, Anda juga bisa memilih untuk menyantap nasi goreng, bihun, dan olahan makanan peranakan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan misal ingin mengonsumsi kuliner non halal.

2. Kwe Cap dan Kwe Kia Teng

Pontianak yang memiliki banyak masyarakat peranakan menghasilkan aneka kuliner non halal yang beragam. Salah satu kuliner itu adalah kwe cap dan kwe kia teng yang merupakan makanan olahan mirip bakso dengan kuah kaldu dan isian yang beraneka ragam.

Biasanya kuah kaldu akan diisi dengan irisan kulit babi, tahu, usus ayam, dan telur masak cokelat. Semua isian bisa dimakan menggunakan saus sambal, kecap, atau tanpa campuran apa pun untuk mendapatkan rasa orisinalnya. Kalau Anda tertarik dengan kuliner ini silakan datang ke Jalan Veteran No. 37, Benua Melayu Darat, Pontianak.

3. Es Krim Angi

Es Krim Angi atau yang lebih sering dikenal dengan nama es krim Petrus ini menawarkan makanan pencuci mulut yang unik. Kalau es krim lembut biasanya disajikan di gelas, di sini Anda bisa menyantapnya langsung di atas batok kelapa. Es krim yang lembut dengan aneka rasa ini juga dicampur dengan kacang merah, cincau, dan mutiara untuk menambah rasa dan tekstur.

Es krim Angi berada di Jalan Karel Satsuit Tubun No.8, Akcaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Kedai es krim ini buka dari pagi hingga sore hari. Pastikan untuk mengunjunginya saat siang agar perjalanan di Pontianak bisa berjalan dengan lebih segar dan menyenangkan.

4. Nasi Ayam Afu

Nasi ayam afu sebenarnya olahan daging campuran antara ayam, babi, dan telur. Kuliner ini merupakan perpaduan budaya antara lokal dan juga Tionghoa. Akhirnya masakan peranakan ini muncul dan terus dipertahankan.

Kalau Anda bisa mengonsumsi makanan non halal, nasi ayam afu ini sangat direkomendasikan. Lokasinya berada di Jl. Gajah Mada No.46, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kota Pontianak

Belum puas menjelajahi Pontianak dan aneka kulinernya selama satu hari saja? Jangan khawatir, Anda bisa menginap di kota ini dengan murah, tapi nyaman. Ada banyak hotel di Pontianak yang bisa Anda sewa untuk kebutuhan backpacker atau pelesir standar bersama dengan keluarga atau kawasan.

Salah satu hotel yang bisa dipesan melalui web dan aplikasi ponsel Android dan Apple adalah Airy. Hotel dalam jaringan ini dikenal murah dan menawarkan fasilitas lengkap yang terdiri dari kasur nyaman, perlengkapan mandi, shower air hangat, AC, Wi-Fi, air mineral, dan televisi layar datar. Anda bisa booking hotel yang diinginkan lalu membayarnya secara langsung dengan kartu kredit atau transfer bank.

Semoga ulasan di atas bermanfaat! Dapatkan promo menarik setiap hari di Airy Rooms.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini