nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikon 'I amsterdam' di Depan Ritjksmuseum Belanda Dicopot Setelah 14 Tahun Terpasang, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 07 406 1987951 ikon-i-amsterdam-di-depan-ritjksmuseum-belanda-dicopot-setelah-14-tahun-terpasang-kenapa-38UclbNum1.jpg Ikon I Amsterdam Hilang (Gabriel Abdi/Okezone)

SEBUAH ikon yang menjadi daya tarik wisatawan biasanya akan dijaga bahkan dirawat dengan baik. Hal itu demi meningkatkan minat wisatawan yang datang. Tapi, pemerintah Belanda punya pemikiran yang berbeda. Ikon 'I amsterdam' yang berada di depan Rijksmuseum terpaksa dicopot dengan alasan yang mengejutkan.

"Pesan dari 'I amsterdam' adalah kita semua merupakan individu yang ada di kota ini. Kami ingin menunjukan sesuatu yang berbeda; keragaman, toleransi, dan solidaritas," terang anggota dewan kota Femke Roosma, seperti dikutip Okezone dari This is Insider, Jumat (7/12/2018).

Baca juga: Libra Melempem dan Aries Makin Panas, Intip Kehidupan Seks Berdasarkan Zodiak Pekan Ini

Roosma melanjutkan, dengan hilangnya 'I amsterdam', konsep marketing di sana menjadi hilang dan itu berarti masyarakat Amasterdam bisa lebih mudah bercengkrama dengan sesama masyarakatnya.

Padahal, perlu Anda ketahui, ikon tersebut sudah ada di sana 14 tahun yang lalu dan menjadi salah satu magnet terkuat turis datang ke Belanda. Fakta lainnya, setiap hari lokasi tersebut dijepret 6 ribu selfie! Hilangnya ikon tersebut ternyata disambut baik oleh seorang pengamat travel Amsterdam Rodney Bolt.

"Aku senang melihat tulisan itu dihilangkan. Bagiku, itu telah menjadi simbol pariwisata massal yang tak ada artinya, di mana orang-orang akan lebih mudah mengambil selfie di simbol tersebut tanpa melihat apa yang benar-benar ada di Rijksmuseum secara dekat," tegasnya.

Baca juga: Mengenal Kesalahpahaman Sakit Jantung yang Renggut Nyawa Benyamin Sueb dan Basuki

Di sisi lain, untuk mereka yang merasa kehilangan, pemerintah kota akan berada di alun-alun selama 2 minggu kedepan untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Bagaimana pun, I amsterdam pernah menjadi ikon dunia yang bersejarah dan karena itu, ikon tersebut tidak dihilangkan secara permanen. Dijelaskan bahwa ikon tersebut akan dipasang tapi pada acara-acara penting saja.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini