nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naik Gunung Bareng Keluarga Juga Asyik, Ini 4 Rekomendasi Lokasinya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 Desember 2018 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 406 1988339 naik-gunung-bareng-keluarga-juga-asyik-ini-4-rekomendasi-lokasinya-fncjAqcvsA.jpg Wisata Gunung Bromo (Foto: @ocean.indonesia/Instagram)

JIKA Anda pencinta wisata alam, tentunya gunung dan pantai menjadi lokasi yang tidak bisa dilewatkan. Semakin "virgin" lokasi tersebut, semakin Anda tertarik ingin mengunjunginya, bukan begitu?

Mungkin selama ini Anda berpikiran bahwa lokasi alam cocoknya didatangi dengan sahabat sebaya atau juga dengan orang terkasih. Tapi, siapa sangka kalau wisata alam bisa juga dikunjungi bersama keluarga, lho. Sebut saja wisata naik gunung.

Ya, memang terdengar ganjil. Bagaimana bisa satu keluarga naik gunung bareng-bareng? Apalagi jika ada anak kecil di dalamnya, apakah sanggup?

Tapi, hal itu bukan lagi sesuatu yang aneh. Kini Anda benar-benar bisa naik gunung bareng keluarga. Okezone merekomendasikan beberapa gunung yang masih memungkinkan didaki bersama keluarga, berikut daftarnya

1. Gunung Papandayan

Gunung yang berada di Garut ini menjadi rekomendasikan pertama Anda. Pintu masuk gunung ini ada di Cisurupan. Jangan lupa untuk melakukan registrasi di pos pintu masuk untuk pendataan awal, ya.

Menariknya gunung ini adalah track yang mesti dilewati. Ya, Anda akan diajak merasakan banyak sensasi, mulai dari kawah afktif, sungai kecil di lereng pegunungan, hingga kawasan vegetasi hutan hijau yang masih asri. Tapi, yang terpenting adalah jalurnya tidak terlalu berat, jadi masih cocok untuk anak-anak. Asyik betul pokoknya!

wisata gunung

infografis

2. Gunung Andong

Gunung ini dikatakan enak-enak susah. Sangat tergantung dari mana Anda datang pertama kali. Jika memang Anda berkunjung bersama keluarga, sangat disarankan untuk masuk melalui jalur Sawit. Track di jalur Sawit sangat pas untuk Anda yang ingin santai tapi tetap mendapatkan sensasi naik gunung.

Perlu diketahui, ketinggian gunung Andong berkisar 1.726 mdpl. Jangan berpikiran bahwa gunung ini sebatas gunung, karena di puncaknya sudah ada beberapa gerai warung kecil untuk menyediakan makanan dan tempat istirahat. Menarik bukan?

gunung andong

3. Gunung Bromo

Wah, kalau Anda datang ke sini bersama keluarga, jangam ragu untuk memberikan sedikit effort. Sebab, saat sudah di puncaknya, pemandangan yang indah akan jadi hadiah yang manis di hidup Anda.

Jika Anda merasa datang ke sini tidak pas bersama keluarga, Anda salah besar. Sebab, beberapa layanan seperti mobil jeep bisa dirasakan langsung dan itu akan membawa Anda ke puncak gunung atau setidaknya lokasi yang biasa didatangi wisatawan.

gunung bromo

4. Gunung Kelir

Gunung ini mungkin yang paling mudah dijangkau. Bahkan, Anda bisa datang ke sini dengan sedikit usaha. Sebab, ketinggian yang tidak seberapa memudahkan siapa pun untuk bisa mampir ke sini, termasuk anak Anda.

Meski pun tidak begitu tinggi, pemandangan yang ditawarkan tapinya tak kalah indah. Di Puncak Kelir, Anda akan dimanjakan pemandangan lanskap Kota Semarang, Ambarawa, dan Salatiga. Tidak hanya itu, Anda juga akan lihat puncak Telomoyo dan Gunung Merbabu yang kokoh di kejauhan.

Gunung Kelir

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini