nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Cuma Enak Dibikin Asinan, Rambutan Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Hanizha Fatma, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 481 1988081 tidak-cuma-enak-dibikin-asinan-rambutan-bisa-meningkatkan-kualitas-sperma-p6yyjDb2cJ.jpg Rambutan bisa meningkatkan kualitas sperma (Foto:Ist)

Rambutan adalah kerabat dekat tanaman tropis seperti klengkeng dan leci. Pohon rambutan bisa tumbuh sampai 80 kaki. Bunga dari rambutan berukuran kecil dan tanpa kelopak. Secara keseluruhan, pohon rambutan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia.

Rambutan umumnya dimakan langsung, tapi karena jumlahnya yang melimpah, rambutan kerap dibikin sebagai asinan. Belakangan justru muncul menu unik dari rambutan yakni digoreng. Yup layaknya keripik, rambutan diambil dagingnya kemudian digoreng.

Tapi tahukah Anda, selain memiliki banyak vitamin, melansir dari Boldsky, Jumat (7/12/2018) berikut beberapa manfaat sehat dari makan buah rambutan.

 Saat Tidak Ceramah, Begini 5 Gaya Nyentrik Habib Bahar bin Smith

1. Meningkatkan Energi

Buah rambutan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, dan protein yang memainkan peran penting dalam meningkatkan energi. Variasi vitamin B dalam buah rambutan juga dapat membantu metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

2. Kaya Vitamin C

Di dalam buah ini terdapat vitamin C dan antioksidan yang penting untuk kekebalan tubuhmu. Hal ini dapat membantumu dalam melawan radikal berbahaya. Selain itu, manfaat dari vitamin C sendiri bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga meningkatkan kualitas darah. Selain itu sebagai pembentuk kolagen, yang bisa mengurangi peradangan kulit dan membangun tulang yang lebih kuat.

3. Mengurangi sembelit

Buah rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi, membantu kamu meningkatkan buang air besar. Serat yang terkandung bertindak sebagai katalis dalam pencernaan yang membantu mengurangi gangguan pencernaan dan sembelit.

4. Menghilangkan Kotoran Ginjal

Kandungan fosfor yang terkandung dalam rambutan membantu dalam menyaring limbah dalam tubuh. Penting untuk fungsi ginjal.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang disebutkan di atas, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi tetapi rendah kalori. Kedua hal tersebut bersamaan dengan kandungan air yang terdapat dalam rambutan dapat mengurangi rasa lapar yang konstan. Dengan membatasi kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar dan mengurangi lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Mengkonsumsi buah rambutan bisa memenuhi kebutuhan zat besi, kalsium, dan fosfor yang baik untuk meningkatkan kekuatan tulangmu.

 

7. Antiseptik dan Antibakteri

Secara luas buah ini dikenal karena sifat ntiseptik dan antibakterinya dibidang medis. Mengkonsumsinya dapat membantu tubuhmu terhindar infeksi dan antiseptiknya membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

8. Meningkatkan Kualitas Sperma

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu meningkatkan dan menjaga kualitas dan kesehatan sperma. Penelitian telah mengungkapkan manfaat dari vitamin C terhadap perkembangan sperma.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain manfaat dari vitamin C yang sudah disebutkan, ada manfaat lain yang bisa diperoleh yaitu memiliki manfaat peningkatan kesehatan jantung, mencegah timbulnya berbagai penyakit, dan memperkuat serta memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak.

 

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Sifat antibakteri dari rambutan dapat membantu mengobati masalah kulit kepala seperti ketombe dan gatal-gatal. Selain itu vitamin C dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan rambutmu, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan protein yang terkandung di dalamnya juga memperkuat akar.

11. Untuk Wanita Hamil

Mengurangi rasa mual dan pusing di pagi hari. Kandungan besi yang tinggi dapat mengurangi rasa kelelahan dan pusing, mdan menjaga tingkat hemoglobin. Kandungan vitamin E nya juga membantu kulit tetap terjaga dan bebas dari rasa gatal. Namun, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini