nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Hujan, Ini 5 Rutinitas Wajib biar Enggak Gampang Sakit

Adinda Harum, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 481 1988161 musim-hujan-ini-5-rutinitas-wajib-biar-enggak-gampang-sakit-NrSwyZ0oPo.jpg Ilustrasi sehat di musim hujan (Foto: Fashiongirl)

MUSIM hujan adalah perubahan cuaca yang selalu disambut baik oleh sebagain orang, apalagi di Indonesia yang memiliki udara panas dan terik. Tapi apakah Anda sadar saat musim hujan daya tahan tubuh menurun alias rentan sakit.

Untuk tetap sehat dan bahagia saat di musim hujan, ada baiknya Anda mengabil tindakan pencegahan saat musim hujan loh, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Berikut adalah kiat menjaga kesehatan menyeluruh agar keluarga tetap terlindungi dari bahaya penyakit. Yuk ikuti 5 tips pencegahan selama musim hujan agar terhindari dari sakit, seperti yang dilansir dari Rewardme.

 BACA JUGA:

Studi Membuktikan: Rumah adalah Tempat Paling Berbahaya bagi Perempuan

Sebisa mungkin untuk meneduh

Seperti yang banyak orang tahu, jika kepala Anda terkena air hujan maka Anda akan sakit dan pusing. Ya itu benar! Selain itu, berjalan digenangkan air hujan juga membuat Anda rentan terhadap penyakit virus seperti leptospirosis dan juga dapat menyebabkan banyak infeksi jamur di kaki dan kuku. Dan jika pakaian Anda basah, segeralah untuk mengganti pakaian dan jangan berdiam di ruangan AC ya.

 

Minum air yang cukup

Ini cara yang paling mudah, Anda hanya perlu minum air yang cukup untuk mengimbangi aktivitas. Dan perlu diingat, jangan banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi, berkafein, apalagi beralkohol karean di dalamnya mengandung pengawet dangula yang bertindak sebagai diuretik. Sebaiknya Anda mengonsumsi teh herbal dengan sifat antibakteri karena sangat baik untuk menggantikan segelas air mineral.

Jauhkan ruangan lembap

Dinding lembap adalah rumah bagi pertumbuhan jamur, hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan apalagi jika Anda penderita asma atau masalah pernapasan lainnya.

 

Jangan tinggalkan rumah tanpa pembasmi nyamuk

Saat musim hujan, demam berdarah adalah penyakit yang paling rentan dan umum. Karena genangan air merupakan tempat berkembang biak bagi serangga. Anda harus kenakan obat nyamuk untuk mencegah masalah malaria ini tapi Anda juga harus berhati-hati dalam mengambil dosis obatnya.

 BACA JUGA:

Tidak Cuma Enak Dibikin Asinan, Rambutan Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Mandi dua kali sehari

Jika Anda terkena hujan dan seluruh tubuh basah, segeralah mandi saat tiba di rumah. Hal ini dapat melindungi Anda dari infeksi yang disebabkan oleh penumpukan keringat dan kotoran pada tubuh Anda. Dan Anda bisa mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini