nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Hujan, Ini 6 Aktivitas Seru untuk Rekomendasi Liburan

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 08 Desember 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 08 406 1988409 musim-hujan-ini-6-aktivitas-seru-untuk-rekomendasi-liburan-f8831hs6Ep.jpg Musim hujan tetap bisa liburan seru (Ilustrasi Foto: Cyberspaceandtime)

MUSIM liburan akhir tahun sudah di depan mata, momen berlibur di akhir tahun ini memang diincar oleh banyak orang yang ingin sekedar beristirahat dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Akan tetapi, memasuki masa akhir tahun seperti sekarang. Cuaca Indonesia bisa dibilang sudah masuk musim penghujan. Lalu bagaimana jika ingin tetap liburan?

Tenang, dengan mengetahui rekomendasi jenis kegiatan liburan seperti apa yang tepat. Berlibur akhir tahun walau sudah musim hujan juga tetap bisa seru kok! Apa saja rekomendasi kegiatan serunya? Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/12/2018) yuk baca dulu ulasannya di bawah ini.

 BACA JUGA:

 Saat Tidak Ceramah, Begini 5 Gaya Nyentrik Habib Bahar bin Smith

Pemandian air panas

(Foto: Pemandian Air Panas Candiumbul/Instagram @fai_rifai95)

Musim hujan dan hawa dingin biasanya satu paket bukan? Nah, maka dari itu rekomendasi pertama yang bisa dicoba ialah dengan berlibur mengunjungi tempat-tempat pemandian air panas. Apalagi di Indonesia sendiri ada beragam pemandian air panas yang bisa dikunjungi, mulai dari pemandian air panas Ciater, pemandian air panas di Baturaden, Banyumas, Guci di Tegal yang sekarang sedang hits, pemandian air panas di di Cisolok Sukabumi, sampai pemandian air panas Candi Umbul di Magelang. Berendam di air hangat saat cuaca sedang dingin tentu mengasyikkan bukan?

Pergi ke tempat yang bercuaca cerah

(Ilustrasi traveling/ Foto: Shutterstock)

Wilayah Indonesia begitu luas, biasanya walau kebanyakan daerah kompak sedang memasuki musim hujan. Namun mungkin ada beberapa kota di Indonesia yang masih bercuaca cerah. Ada baiknya, sebelum memutuskan pergi bisa memeriksa ramalan cuaca di kota setempat selama beberapa hari ke depan.

 

Museum

(Ilustrasi museum/Foto: Ist)

Cara lain agar liburan tetap seru saat musim hujan, ialah bisa dengan tur museum. Di hari biasa tentu sangat tidak terpikirkan bukan untuk berwisata ke museum? Selain nyaman karena sifatnya indoor alias dalam ruangan sehingga tak perlu khawatir kehujanan, museum juga bisa jadi ajang liburan sambil belajar menambah pengetahuan baru. Selain cocok untuk berwisata bersama keluarga, apalagi yang masih punya anak-anak. Tur museum juga sah-sah saja dilakukan untuk yang sudah dewasa, solo tur ke museum juga asyik dan memberikan pengalaman baru tentunya. Keunggulan lainnya, rata-rata museum di Indonesia contohnya di Jakarta harga tiketnya relatif sangat murah malah ada beberapa yang mungkin membebaskan biaya masuk sama sekali alias gratis.

Tur kedai kopi

Hujan-hujan paling asyik menyeruput secangkir kopi sambil ngemil kue-kue kecil atau pastry. Daripada bosan di rumah, kenapa tak coba untuk tur coffee shop di sekitar daerah tempat tinggal atau yang menjadi rekomendasi banyak orang? Sekarang sudah begitu banyak kedai kopi bertebaran di mana-mana, menyajikan aneka minuman kopi khas Indonesia dan juga camilan lezat sebagai teman minum kopi. Apalagi kedai kopi sekarang juga kebanyakan didesain dengan konsep ruangan yang sangat Instagramable, jadi memungkinkan pengunjungnya untuk ngopi sambil foto-foto.

Staycation

Konsep staycation satu ini mungkin cocok untuk yang pergi bersama teman-teman atau keluarga dengan anak yang bingung ingin liburan tapi takut terkena hujan deras. Diketahui gaya liburan seperti ini sedang cukup diminati bagi traveler yang hanya ingin sekadar melarikan diri dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Staycation sendiri adalah liburan yang hanya tinggal di dalam penginapan yang memiliki konsep tertentu dan mampu memberikan sensasi berlibur meski hanya “stay” tidak berkeliling ke mana-mana. Untuk staycation seperti ini, bisa coba berbagai tempat. Sebut saja seperti di daerah sekitaran penginapan Eco beach tent, di Bangka Belitung Hidden hills villas dan Cara Cara Inn di Bali, Villa Air dan Blackbird hotel, Bandung

Wisata kuliner

(Foto: Ilustrasi wisata kuliner/Shutterstock)

Ingin merasakan suasana liburan namun melakukan kegiatan simpel? Wisata kuliner jadi jawabannya! Setiap kota biasanya memiliki titik lokasi kuliner yang patut untuk dicoba, mulai dari makanan berat sampai jajanan ringan dari yang khas tradisional sampai yang modern kekinian ala zaman sekarang. Jika sudah bosan dengan kuliner Jakarta misalnya, bisa coba berwisata kuliner di Bandung atau Bogor yang relatif masih cukup dekat. Agar suasana makin seru, ajak teman-teman yang memang hobi dan senang makan juga ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini