nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tipe Rambut dan Cara Keramasnya, Jangan Asal Cuci

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 06:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 09 611 1988923 4-tipe-rambut-dan-cara-keramasnya-jangan-asal-cuci-r2ILMd5F0P.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI perempuan, merawat diri bukan hanya sebatas pada kulit dan wajah. Rambut juga merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan. Oleh karenanya tidak salah bila ada ungkapan rambut merupakan mahkota perempuan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut. Namun cara paling sederhana adalah dengan mencuci atau yang dikenal dengan istilah keramas. Manfaat keramas ialah membuang debu atau kotoran yang mungkin menempel di rambut.

Akan tetapi, meskipun memberikan manfaat untuk rambut, sebaiknya keramas tidak dilakukan setiap hari. Menurut ahli penata rambut, Barney Martin, frekuensi keramas harus menyesuaikan tipe rambut. Berikut ulasannya seperti yang dilansir Okezone dari The Sun.

Baca Juga: Kalahkan Santa Fe, Surabaya Terpilih Jadi Kota Terindah di Dunia

1. Rambut berminyak

Jika perempuan cenderung memiliki kulit berminyak, maka demikian pula dengan rambutnya yang menjadi lebih berminyak. Barney merekomendasikan perempuan dengan rambut berminyak untuk keramas setiap dua hari sekali.

Bila ingin tetap mencuci rambut setiap hari, solusinya adalah menggunakan sampo kering di selang hari yang tidak keramas menggunakan air. Tapi yang perlu diingat adalah keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami di rambut yang dampaknya tidak baik.

2. Rambut tebal dan keriting

Rambut tebal, kasar, atau keriting, sebaiknya dicuci setiap tiga hari sekali. Sebab tipe rambut ini cenderung lebih berpori. Terlalu banyak keramas dapat membuat rambut mengalami dehidrasi. Selain itu, mereka yang memiliki tipe rambut ini juga disarankan menggunakan kondisioner sehabis keramas agar rambut tetap lembap.

Baca Juga: Deretan Pengacara Paling Kaya di Dunia, Sekelas Hotman Paris Hutapea

3. Rambut halus

Pemilik rambut halus tentu tahu bila rambut tidak segera dikeramas bisa segera lepek. Akan tetapi, mencuci rambut dua hari sekali juga tidak masalah. Rambut akan baik-baik saja.

4. Rambut ketika berolahraga

Saat berolahraga, perempuan berambut panjang cenderung menguncir rambutnya. Entah itu kuncir satu maupun bun. Meskipun sehabis berolahraga rambut menjadi berkeringat, tetap tidak ada salahnya rambut dikeramas dua hari sekali.

Bagi yang takut lepek, bisa menggunakan sampo kering. Namun berbeda cerita bila olahraga yang dilakukan adalah berenang. Maka rambut harus langsung dicuci setelah keluar dari kolam.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini