Sebelum Beli Skincare, Ketahui Jenis Kulit Wajahmu dengan Cara Ini

Salma Nafisa, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 194 1989101 sebelum-beli-skincare-ketahui-jenis-kulit-wajah-yang-kamu-miliki-dengan-cara-ini-gO6Si89fml.jpg Ilustrasi merawat wajah (Foto: Ikarmik)

ADA 5 jenis perawatan kulit dasar seperti berminyak, kombinasi (normal), sensitif, kering, dan rusak karena sinar matahari. Tipe jenis kulitmu yang mana?

Melansir dari Liveabout, Senin (10/12/18) berikut cara mengetahui dan merawat kulit sesuai kombinasinya.

Mengetahui jenis kulit apa yang kamu miliki dapat membantumu memilih produk yang membuat kulit akan terlihat dan terasa sehat. Kini ada tes sederhana untuk membantumu untuk merawat kulit yang bisa kamu tiru setelah kamu menemukan pasangan!

BACA JUGA:

Masih Jomblo Mas? Ini 8 Hal yang Bikin Kamu Dilirik Gebetan

Apa yang Menentukan Jenis Kulit?

Jenis kulitmu ditentukan oleh seberapa banyak atau seberapa kecil minyak yang dihasilkan dari kulitmu. Gen, diet, tingkat stres, fluktuasi hormon, obat-obatan, dan rejimen perawatan kulitmu semuanya akan menentukan berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit dari kulitmu sendiri.

Kamu mungkin akan menemukan bahwa jenis kulitmu sering berubah dari kering ke berminyak, dari berminyak ke normal, semuanya bisa dialami dalam beberapa bulan. Hal ini sungguh normal. Sebab, wanita sangat rentan terhadap perubahan sepanjang hidupnya, karena hormon kita terus berubah.

 

Tes untuk Jenis Kulit Anda

Dalam bukunya, "Beauty: The New Basics," Rona Berg menyarankan kepadamu untuk mengambil "tes kulit" agar mengetahui jenis kulit apa yang kamu miliki. Untuk melakukan hal ini pertama cucilah muka, lalu tepuk-tepuk sampai kering, dan ambil beberapa lembar kertas nasi atau kertas tisu pembersih lensa dan tekan pada berbagai titik di wajahmu.

Jika kulitmu berminyak, kertas akan menempel, karena terdapat noda berminyak, dan menjadi tembus cahaya. Jika kertas tidak menempel atau tidak mengangkat minyak, kulitmu kering. Jika minyak hanya di zona T -mu (dahi dan bawah hidung hingga ke dagumu), maka kamu memiliki kulit kombinasi (atau normal).

Sebagian besar wanita sebenarnya memiliki kulit kombinasi.

Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah kulit yang membuat wajah glowing, terutama di zona-T. Kamu mungkin memiliki pori-pori yang membesar dan mungkin rentan terhadap komedo dan jerawat sebab kelebihan pada produksi kelenjar minyak (produksi minyak).

Hal yang baik tentang kulit berminyak adalah usia kulitmu akan lebih baik atau awet muda daripada kulit kering.

Itu karena minyak ini akan menjaga kulit tetap kenyal dan memungkinkan lebih sedikit kerutan yang akan terbentuk. Kulit berminyak sering terjadi pada wanita muda seiring saat bertambahnya usia, banyak yang menemukan bahwa kulit mereka menjadi lebih kering, terutama setelah usia 35 tahun.

 

Untuk merawat kulit Anda :

- Cucilah wajahmu dengan pembersih yang diformulasikan untuk kulit berminyak sebelum kamu pergi tidur.

- Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu dengan scrub lembut.

- Hanya gunakan pelembap ringan, bukan yang berat seperti cream dokter dan sebagainya.

- Untuk blush dan bronzers, campuran bubuk ini bekerja lebih baik daripada yang cair.

- Carilah opsi bebas minyak saat berbelanja pelembab atau foundation yang berwarna.

 Baca Juga: Cantiknya Lindswell Kwok dalam Balutan Gaun Pengantin Syar i, Yuk Intip Foto-Fotonya

Kombinasi / Kulit Normal

Beberapa ahli mengatakan hingga 70 persen sebagian besar wanita memiliki kombinasi atau kulit "normal". Kulit kombinasi ini berarti memungkin kamu untuk memiliki zona T yang sedikit berminyak dengan pipi yang lebih kering dan bercak-bercak kering di sana-sini. Kamu juga mungkin memiliki pori-pori yang lebih besar di pipi dan mungkin di dahimu juga.

Jenis kulit ini memiliki pori-pori sedang, tekstur yang halus dan merata, sirkulasi yang baik, dan warna yang sehat. Untuk merawat kulit ini mungkin kamu perlu memperlakukan zona-T dengan cara yang berbeda dari titik-titik bagian kulit keringmu ini.

Jika T-zonemu cenderung berminyak, cobalah pakai produk yang mengandung astringent gunakan ini setelah kamu mencuci wajah. Pastikan untuk melakukan eksfoliasi dua kali seminggu menggunakan scrub wajah atau Clarisonic Mia untuk mengangkat sel kulit mati.

Kamu juga dapat menggunakan pelembab wajah yang lebih banyak di tempat yang menurutmu bagian kulit itu kering jika diperlukan.

Kulit kering

 

Kulit kering akan terasa kencang, apalagi setelah dibersihkan. Kamu mungkin memperhatikan bahwa kulitmu akan terlihat menjadi lebih kering saat kamu tua. Fluktuasi kulit ini dapat dikaitkan dengan hormon.

Dengan kulit kering ini, kamu akan memiliki kecenderungan seperti kerutan halus, pengelupasan, dan bercak merah pada kulit. Kulit mungkin tampak terlihat kusam akibat penumpukan kulit mati.

Kulit kering membutuhkan perawatan khusus :

- Cobalah gunakan krim pembersih dan pelembab yang diformulasikan untuk kulit kering.

- Lakukan eksfoliasi mingguan untuk mengangkat sel kulit mati.

- Mengoleskan primer di bawah Foundation-mu untuk mencegah kulit kering sebanyak mungkin.

- Semprotkan air mineral seperti Evian akan membantu melembapkan kulitmu seperti yang dipakai sehari-hari (simpan satu di tasmu).

- Jika kamu tinggal di lingkungan yang kering, gunakan humidifier di kantor dan kamar tidurmu untuk menjaga kulit tetap lembap.

 

Kulit sensitif

Kulit sensitif cenderung memiliki kulit yang tipis dan halus, serta pori-pori yang halus. Jika kamu mudah terpapar oleh sinar matahari atau produk kosmetik tertentu yang rentan terhadap noda merahan, bercak gatal, atau kulit bernoda, kamu mungkin memiliki kulit sensitif.

Menemukan pembersih dan pelembab yang tepat untuk jenis kulitmu bisa jadi rumit. Kabar baiknya adalah banyak perusahaan telah mengembangkan produk khusus untuk kulit sensitif. Kamu mungkin harus mencoba beberapa produk kosmetik ini sebelum menemukan yang benar-benar cocok dengan kulitmu.

Carilah produk yang ringan yang tidak mengandung aroma. Banyak toko obat dan toko serba ada yang memungkinkan kamu mengembalikan produk yang tidak cocok denganmu, jadi periksa kembali sebelum membeli. Kamu juga dapat menanyakan apakah toko itu membawa tester product sehingga kamu dapat mencobanya sebelum membeli.

Aging atau Sun-Damaged Skin

 

Kulit jenis ini juga akan terasa kencang dan menjadi pengalaman yang alamiah saat kita menua atau menikmati banyak waktu di bawah paparan sinar matahari. Kamu mungkin akan melihat sedikit keriput di wajah, dan warna kulit yang kendor terutama di sekitar pipi dan garis rahang, dengan tekstur kasar dan kapiler yang pecah.

 BACA JUGA:

Peruntungan Zodiak Pekan Ini, Taurus Lagi Sial, Rezeki Aquarius Mengalir Deras!

Untuk merawat kulit yang menua :

Meskipun setiap orang harus menerapkan tabir surya (sunblock) setiap hari, hal ini penting untuk melindungi jenis kulit ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Carilah sunblock sesuai kebutuhan untuk perlindungan lebih dan carilahi produk kecantikan yang memiliki SPF.

Pertimbangkan untuk menggunakan pelembap dan krim yang berat untuk menambah kerutan halus pada wajamu.

Retin-A dapat mengembalikan warna kulitmu dan dapat menghaluskan beberapa kerutan halus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini