nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendall Jenner Berbagi 5 Tips untuk Detoks dari Medsos, Coba Yuk

Bagas Taruna , Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 10:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 196 1989074 kendall-jenner-berbagi-5-tips-untuk-detoks-dari-medsos-coba-yuk-b44HSk3qZf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEDIA sosial atau yang kerap disebut medsos, memang menjadi cara bercengkrama bersama teman. Namun, selain memiliki kegunaan medsos ternyata memiliki dampak negatif, seperti kecanduan dan stres karena banyaknya komentar negatif yang berseliweran di dunia maya.

Masalah ini pun dialami beberapa artis papan atas Hollywood, seperti Rihanna, Taylor Swift, dan Selena Gomez. Bahkan, model yang terkenal dari medsos, Kendall Jenner, juga tidak luput dari efek negatif medsos.

Tidak heran, jika pada akhirnya dia pun memutuskan untuk melakukan detoksifikasi terhadap medsos. Dikutip dari Wmagazine, berikut adalah tips dari Kendall bila Anda juga ingin melakukan detoks dari medsos.

Baca Juga: Viral Gadis Penjual Jamu Cantik, Keliling Cari Nafkah Usai Pulang Sekolah

1. Akui permasalahannya

Ini merupakan langkah paling dasar dari menghilangkan keracunan dalam sosial media. Tanyakan pada teman Anda, apakah Anda lebih banyak menghabiskan waktu di dunia nyata atau di medsos.

Cara mudah mengetahui apakah Anda sudah kecanduan medsos, adalah menanyakan beberapa hal ini kepada diri sendiri:

Apakah tiap pagi Anda mengecek ponsel daripada mengucapkan selamat pagi kepada pasangan? Takut bila tidak membawa handphone kesayangan ke mana pun? Khawatir bila jumlah likes atau followers berkurang? Nah, cobalah untuk mengakuinya terlebih dahulu.

2. Hapus aplikasinya

Setelah yakin dan pastikan bahwa detoks ini bisa bermanfaat, hapuslah aplikasi tersebut dari gawai Anda. Supaya lebih efektif, usahakan untuk menutup atau menghapus akun tersebut. Mengusir aplikasi medsos dari handphone, bisa mengusirnya pula dari pikiran.

Baca Juga: Mastanamma Nenek YouTuber Tertua Meninggal Dunia, Kenang Lagi Masakan-Masakannya

3. Beritahu teman

Menurut Kendall, sahabat adalah orang yang harus pertama tahu bila Anda mulai mengurangi medsos atau menghilang begitu saja. Selain itu, jangan cari perhatian kepada teman karena kondisi yang sedang ditekuni ini. Dengan sendirinya mereka akan paham dan mendukung Anda.

4. Hiduplah secara nyata

Ketika menjalani detoks ini, Kendall mengaku dia menjauhkan diri dari handphonenya sesering mungkin dan cari aktivitas lain seperti jalan-jalan, bersihkan kamar, baca buku atau mungkin memasak, tapi jangan menggunggahnya di medsos.

Selani itu, kurangi kebiasaan selfie setelahnya. Memiliki gagasan dalam politik? Jangan tulis di status Facebook Anda. Lakukan hal yang semestinya bukan untuk dipamerkan di sosial media.

5. Berbicara dari muka ke muka

Setiap hari, ada kemungkinan kita akan bertemu dengan “Kau harus berhadapan dengan orang nyata di depanmu, jadi sebenarnya seru juga jauh dari Instagram,” ujar Kendall.

Setelah berhasil menjalankan detoks ini, Anda bisa, lho, kembali ke akun Instagram atau aplikasi lainnya. Pastikan juga ketika kembali ke aplikasi tersebut, Anda sudah tidak terlalu bergairah untuk membukanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini