nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Pasangan Selingkuh, Ini yang Bakal Terjadi pada Otak dan Tubuh Anda!

Adinda Harum, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 18:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 196 1989198 melihat-pasangan-selingkuh-ini-yang-bakal-terjadi-pada-otak-dan-tubuh-anda-1XkGzTmnMq.jpg Ilustrasi selingkuh (Foto: Salemwebnetwork)

BELAKANGAN ini banyak bermunculan kasus perselingkuhan yang membuat geram banyak kaum hawa. Sebut saja kasus perselingkuhan suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany, Tubagus Chaeri Wardana alias wawan yang merupakan narapidana korupsi.

Bagaimana tidak, diketahui Wawan telah kepergok menginap di hotel bersama teman wanitanya yang berprofesi sebagai artis. Sebelumnya ia mengaku sakit lalu meminta izin untuk pergi ke rumah sakit namun ternyata itu semua hanyalah sebuah alasan saja. Tapi pernahkah Anda diselingkuhi dengan orang terkasih?

Bicara tentang perselingkuhan memang bukan perkara yang yang mudah, pasalnya pria dan wanita memiliki peluang yang sama dalam kasus ini. “ Ketika orang yang melihat pasangannya berselingkuh ia akan merasakan distress psikologis dan emosional,” menurut ahli Psikolog Kasandra Putranto saat dihubungi Okezone.

 BACA JUGA:

Peruntungan Zodiak Pekan Ini, Taurus Lagi Sial, Rezeki Aquarius Mengalir Deras!

Bukan hanya itu, perselingkuhan juga memiliki dampak yang cukup serius untuk kesehatan dan ganguan mental seseorang loh. Ada tiga hal yang membuat mereka rentan mengalami gangguan psikologis saat diselingkuhi oleh pasangannya, menurut Kasandra yakni depresi, kecemasan, dan menurunnya harga diri seseorang. Hal tersebutlah yang mengakibatkan seseorang melakukan prilaku yang buruk seperti tidak memiliki nafsu makan, mabuk-mabukkan bahkan mengenakan narkotika.

Saat situasi pasangan berselingkuh tentu membuat Anda merasa banyak emosi yang negatif, “ tentu Anda akan merasa kekecewaan, sedih, bingung dan marah kepada pasangan dan selingkuhannya, ini hal yang wajar,” tutur Kasandra.

 

(Foto: Ilustrasi selingkuh/Shutterstock)

Lalu tindakan pertama apa yang terjadi ketika melihat langsung pasangan selingkuh? “ Dalam situasi seperti ini (dianggap mengancam diri sendiri), amygdala pada otak yang bertanggung jawab atas regulasi signal emosi yang memberi signal “fight” (contoh, langsung melabrak selingkuhannya) atau “flight” (menghindari fakta perselingkuhan), “ ungkapnya.

Kasandra Putranto juga mengungkapkan bahwa ketika amygdala terlalu aktif, fungsi berpikir logis dan pemecahan masalah di otak depan otomatis menurun sehingga besar kemungkinan kita akan melakukan hal-hal di luar nalar dan tidak bijak.

 BACA JUGA:

Bertemu Mantan dan Pacar Barunya? Jangan Panik, Terapkan 6 Hal Ini

Menurut Lindsay seorang psikolog, “ Beberapa orang seringkali merasa bingung di bagian mana yang salah sehingga pasangannya bisa selingkuh, banyak menghabiskan waktu terpaku pada hal-hal yang bisa dihindari sebelum pasangan selingkuh, rasa percaya terhadap orang lain perlahan hilang, dan selalu bertanya-tanya apakah hubungan selanjutnya akan berhasil.”

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini