nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Rusak, Ini Cara Menjaga Buku yang Sampulnya Tipis

Romeldo Christian, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 07:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 10 196 1989450 sering-rusak-ini-cara-menjaga-buku-yang-sampulnya-tipis-DqLcYuVPgH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

WALAU zaman sudah sangat modern, buku tetap tidak akan tergantikan. Walau tersedia dalam bentuk elektronik, tentunya mengoleksi buku akan lebih menyenangkan. Anda dapat menyusun buku-buku kesukaan di lemari dan dapat menjadi pajangan di rumah.

Akan tetapi, tidaklah indah dilihat jika buku-buku tersebut memiliki cacat, bahkan sampai rusak parah. Tentunya hal ini sangat mengganggu pemandangan mata. Kerusakan buku ini pun bukan sepenuhnya kesalahan Anda karena mengingat sedikitnya buku yang dijual atau diedarkan dalam bentuk sampul yang keras. Oleh karena tipisnya sampul, buku pun semakin mudah rusak.

Namun, Anda masih bisa memberi perawatan agar buku-buku tersebut tetap utuh. Berikut Okezone lansir dari Lifehacker, Selasa (11/12/2018), cara menjaga buku yang bersampul tipis:

1. Jaga kebersihan

Bagi pencinta buku, kebersihan buku adalah hal yang utama karena bertujuan untuk menjaga keindahan buku. Namun, jika Anda bukan pencinta buku, tidak berarti membiarkan buku kotor. Hindarilah kebiasaan membaca sembari makan atau minum. Jika makanan jatuh, buku akan memiliki bercak dan merusak kertas.

 (Baca Juga:Ini Keuntungan Belanja Online Lewat Aplikasi saat Harbolnas)

2. Jangan lipat, apalagi tekuk

Ya, tentunya melipat kertas akan merusak bentuk dari kertas tersebut. Bentuk yang sudah terlipat pun akan susah, bahkan tidak mungkin, dikembalikan seperti keadaan semula. Bekas lipatan ini yang akan menjadi cikal bakal robeknya kertas.

Melipat adalah hal yang buruk bagi keutuhan buku, apalagi menekuk. Menekuk buku agar hingga mempertemukan halaman muka dan belakang akan merusak punggung buku. Akibatnya, buku akan terlihat seperti terbelah dua dan berisiko benar-benar terbelah dua.

3. Simpan di tempat kering

Karena gampang berjamur, tentunya buku harus disimpan di tempat yang memiliki suhu stabil. Artinya, tempat penyimpanan tersebut tidak lembap dan tidak memicu timbulnya jamur. Untuk menambah perlindungan, tutuplah sisi dari buku yang tidak terlindungi sampul dengan kertas agar tidak terkena kotoran dari lemari penyimpanan atau debu ruangan.

 (Baca Juga:Viral Video Sayur Kol, Ini 4 Manfaat Makan Kol)


4. Beri tas khusus

Jika ingin membawa buku di dalam tas, simpanlah buku tersebut di tas khusus atau plastik zip. Hal ini dilakukan untuk menghindari atau bahkan dapat mencegah terantuknya buku dengan benda-benda lain yang terdapat pada tas.

5. Perbaiki sebelum rusak total

Jika buku yang dimiliki terlanjur sudah rusak, berikanlah beberapa perbaikan pada buku tersebut. Jika hampir terbelah menjadi dua bagian karena punggung yang sudah rusak, berilah lem pada punggung buku. Tentunya, penggunaan lem diaplikasikan secukupnya agar tidak membuat kertas ikut tertempel satu sama lain. Jika halaman sampul yang rusak, berikan tambahan kertas, atau dapat dikatakan sebagai membuat sampul keras sendiri. Hal ini akan membantu halaman sampul berbentuk seperti semula dan kembali berfungsi sebagai pelindung halaman-halaman pada buku.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini