Makan Mi Instan Ini Enggak Perlu Takut Gemuk!

Yosua Tobing, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 298 1989347 makan-mi-instan-ini-enggak-perlu-takut-gemuk-nce1Uhyq9K.jpg Mi instan rendah kalori (Foto:Healtline)

MI adalah makanan instan kesukaan banyak orang. Mi adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Namun, apakah Anda tahu ada mi yang rendah kalori? Simak penjelasan mi tanpa kalori yang Okezone lansir dari Health Line.

Mi Shirataki adalah makanan unik yang sangat mengenyangkan, tapi rendah kalori. Mi ini kaya akan kandungan glukomanan, sejenis serat yang memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Glukomanan telah terbukti dapat menurunkan berat badan dalam berbagai penelitian.

 Peruntungan Zodiak Pekan Ini, Taurus Lagi Sial, Rezeki Aquarius Mengalir Deras!

Mi shirataki adalah mie putih panjang yang berasal dari akar tanaman konjak yang tumbuh di Jepang, Cina, dan Asia Tenggara. Mengandung sangat sedikit karbohidrat, tetapi sebagian besar karbohidrat tersebut berasal dari serat glukomanan.

Shirataki adalah bahasa jepang yang berarti air terjun putih yang menggambarkan penampilan tembus pandang mi. Dibuat dengan campuran tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air kapur. Campuran tersebut kemudian direbus dan dibentuk menjadi mie atau potongan seperti nasi.

Mi Shirataki mengandung banyak air. Bahkan, mereka sekitar 97% air dan serat glukomanan 3%. Mi juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang mudah dicerna. Glukomanan dalam mi shirataki dapat menyerap hingga 50 kali beratnya dalam air, sebagaimana tercermin dalam kandungan air yang sangat tinggi dari shirataki mi.

Mi ini bergerak melalui sistem pencernaan Anda sangat lambat yang membantu Anda merasa kenyang dan menunda penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah Anda. Selain itu, serat kental berfungsi sebagai prebiotik yang menyehatkan bakteri yang hidup di usus besar Anda, dikenal sebagai flora usus atau mikrobiota, ini bisa menjadi alat penurun berat badan yang kuat.

 Saat Tidak Ceramah, Begini 5 Gaya Nyentrik Habib Bahar bin Smith

Manfaat lain dari mi ini juga dapat mengurangi gula darah dan meningkatkan insulin karena nutrisi diserap ke dalam aliran darah Anda. Mi ini dapat menurunkan kolesterol, para peneliti mencatat bahwa glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan dalam tinja sehingga kurang diserap ke dalam aliran darah Anda. Sebuah tinjauan dari 14 penelitian menemukan bahwa glucomannan menurunkan kolesterol LDL “buruk” rata-rata 16 mg / dL dan trigliserida dengan rata-rata 11 mg / dL.

Dalam satu penelitian, sembelit parah berhasil diobati pada 45% anak-anak yang memakai glukomanan, dibandingkan dengan hanya 13% dari kelompok kontrol. Untuk orang dewasa, suplemen glukomanan meningkatkan frekuensi gerakan usus, kadar bakteri usus yang menguntungkan dan produksi asam lemak rantai pendek.

Untuk beberapa orang, glucomannan dalam mi shirataki dapat menyebabkan masalah pencernaan ringan, seperti kotoran longgar, kembung, dan perut kembung. Namun, perlu dicatat bahwa glucomannan telah ditemukan aman pada semua dosis yang diuji dalam penelitian.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini