Cara Ayu Hastari Lindungi Anak dari Polutan yang Patut Ditiru

Blenda Azaria, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 10 481 1989326 cara-ayu-hastari-lindungi-anak-dari-polutan-yang-patut-ditiru-YtTZX05f7l.jpg Ayu Hastari dan putranya, Ken (Foto: ayuhastari/Instagram)

TANPA kita sadari, banyak polutan di sekitar kita yang bisa mengancam kesehatan. Mulai dari asap rokok, asap kendaraan, atau sesederhana debu-debu ringan yang menempel di perabotan rumah. Semua polutan itu tanpa kita sadari terhirup dan bersarang di paru-paru kita.

Polutan-polutan ini bisa menimbulkan banyak penyakit yang menyerang siapa saja. Terutama pada kelompok usia sensitif yang lebih rentan terserang penyakit, seperti anak kecil, ibu hamil, ibu menyusui, dan lanjut usia.

Ayu Hastari, seorang aktris dan presenter yang juga seorang ibu ini membagikan caranya melindungi anak dari polutan baik di dalam atau di luar rumah.

Rutin membersihkan rumah dan buka jendela

“Sebenarnya hal yang paling dasar, yang pasti diketahui oleh para ibu ya, kalau rumah itu harus dibersihin setiap pagi. Aku biasanya buka jendela dan pintu supaya ada pergantian udara. Vakum karpet-karpet, karena itu kan sumber awal dari penyakit. Debu-debu dan kotoran yang tidak terlihat, itulah yang harus dibasmi,” ujar Ayu saat ditemui dalam acara yang digelar oleh Air Purifier di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

 (Baca Juga:Unik, Pantai Ini Punya Hamparan Pasir bak Popcorn)

Menurut Ayu, anaknya, Nagata Kenichi Hutomo atau yang akrab disapa Ken, sering terserang batuk, pilek, atau alergi walaupun hanya berada di dalam rumah, Hal ini membuktikan penyakit ini disebabkan oleh udara dalam rumah yang tidak bersih. Oleh karena itu, Ayu bersikeras ingin membasmi pemicu bakteri yang ada di dalam rumah terelebih dahulu dengan cara membersihkan rumah secara rutin.

 

Jauhkan anak dari sumber penyakit

Menurutnya, menjaga anak agar bebas polutan di luar rumah lebih susah, karena terdapat banyak virus yang tersebar di mana-mana.

“Anak aku itu sensitif banget ya, ibarat dekat sama orang yang lagi flu aja bisa langsung ketularan. Jadi satu-satunya jalan adalah dengan menjauhkan anak agar tidak berdekatan dengan orang yang lagi sakit. Terus kalau misalnya anakku lagi kelihatan drop, jangan dibawa ke tempat-tempat yang banyak virus karena kalau daya tahan tubuh anak lagi drop, pasti dia akan jadi cepat tertular,” ujarnya.

 (Baca Juga:Viral Video Sayur Kol, Ini 4 Manfaat Makan Kol)

Perhatikan cuaca

Belakangan ini, cuacu silih berganti tiada henti. Awalnya hujan deras, bisa tiba-tiba panas terik. Ayu pun juga menyarankan para ibu agar memerhatikan cuaca.

“Terus, perhatikan cuaca juga, seperti sekarang lagi musim hujan gini. Panas-hujan panas-hujan, ya sebisa mungkin anak jangan sampai terpapar langsung oleh hujan atau matahari.karena pergantian cuaca pun juga bisa jadi pemicu misalnya dari udara yang panas banget langsung masuk AC,” tambah istri sutradara Ryoichi Adityo Hutomo ini.

Jauhkan asap rokok

Ayu, yang memiliki suami seorang perokok, mengaku sering mewanti-wanti suaminya agar tidak dekat-dekat pada anaknya saat merokok.

“Dari awal aku punya bayi, aku udah bilang sama suamiku. ‘Antara kamu berhenti merokok atau kamu harus mengikuti rules yang ada. Kalau mau dekat-dekat anak habis ngerokok harus cuci tangan, cuci kaki, dan ganti baju. Mau seribet apa pun pokoknya itu yang harus kamu jalanin.’ Jadi dia konsisten sampai sekarang, kalau mau ngerokok ya di ruangan yang jauh, jangan dekat-dekat sama anak. Jadi benar-benar kalau ketemu anak tuh udah higienis,” pungkas Ayu lagi.

 

Jaga makanan anak dan peka terhadap alergi anak

Selain di udara, polutan juga bisa menempel pada makanan dan air. Oleh karena itu, Ayu kerap memerhatikan kebersihan dan kehigienisan makanan untuk anaknya salah satunya dengan cara menghindari jajan sembarangan.

Menurut Ayu, orangtua juga harus peka terhadap alergi yang diderita anaknya. “Anak aku ada alergi makanan. Sebagai ibu aku harus tahu apakah ada pemicu dari suatu makanan, apakah anak jadi sensitif terhadap suatu makanan. Jadi ya harus peka sama anak sendiri,” ucap Ayu.

 

Selalu jaga kebersihan ke manapun berada

Ayu mengaku walau rumahnya sudah dibersihkan, terkadang dia tetap memanggil jasa bersih-bersih rumah karena menurutnya, mau dibersihkan seperti apa pun, debu dan kotoran akan selalu datang setiap hari.

Dia juga membeberkan bahwa dirinya selalu membawa hand sanitizer dan sabun anti-bakteri demi menjaga kebersihan anaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini