nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Berhubungan Seks Dapat Meredakan Rasa Nyeri dan 8 Manfaat Lainnya

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 00:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 485 1989421 rutin-berhubungan-seks-dapat-meredakan-rasa-nyeri-dan-8-manfaat-lainnya-TDf4E6fGMc.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BERCINTA dengan pasangan dapat membawa kesenangan. Tapi lebih dari itu, banyak ahli dan penelitian yang mengungkapkan bila hubungan seksual dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Melansir Times of India, Selasa (11/12/2018), inilah 9 manfaat bercinta:

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Sebuah penelitian baru-baru ini mengatakan pria yang melakukan hubungan seks lebih dari dua kali seminggu, memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan pria yang melakukan hubungan seks kurang dari sekali sebulan.

Meningkatkan kekebalan

Bercinta secara rutin meningkatkan tingkat imunoglobulin A (IgA). Ini adalah antibodi yang meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit seperti pilek dan demam.

 (Baca Juga:Selalu Tampil Fotogenik, Ternyata Ini 4 Rahasia Kate Middleton)

Mengurangi stres

Tertekan dengan masalah pekerjaan atau keluarga? Singkirkan semuanya dengan bercinta. Hubungan seksual dapat meningkatkan mood. Selain itu, sebuah penelitian mengatakan orang-orang yang menikmati kegiatan di kamar tidur dapat menangani stres dengan lebih baik dan orang-orang yang lebih bahagia.

 

Meredakan rasa sakit

Enggan berhubungan seks karena merasa kurang sehat? Sebaiknya jangan lakukan itu. Bercinta malah bisa mengurangi rasa sakit. Saat terjadi orgasme, tingkat hormon oksitosin meningkat sebanyak lima kali. Endorfin tersebut benar-benar mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Memperpanjang usia

Saat seseorang mengalami orgasme, hormon dehydroepiandrosterone dilepaskan. Hormon tersebut meningkatkan kekebalan, memperbaiki jaringan, dan menjaga kulit tetap sehat. Pria yang memiliki setidaknya dua orgasme dalam seminggu hidup lebih lama daripada pria yang berhubungan seks hanya sekali setiap beberapa minggu.

Meningkatkan sirkulasi darah

Saat bercinta detak jantung meningkat sehingga meningkatkan aliran darah ke organ dan sel. Ketika itu tubuh juga mengusir racun dan bahan lain yang menyebabkan rasa lelah.

 

Tidur lebih nyenyak

Setelah bercinta, tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dapat membuat tidur menjadi nyenyak. Dengan begitu meningkatkan fokus dan kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan kebugaran

Melakukan hubungan seksual secara teratur akan memberikan keajaiban untuk lingkar pinggang. Bercinta selama setengah jam dapat membakar lebih dari 80 kalori.

Meningkatkan kadar estrogen dan testosteron

Pada pria, hormon testosteron dapat membuat mereka lebih bergairah. Tidak hanya membuat merasa jauh lebih baik di tempat tidur, peningkatan jumlah testosteron dapat membangun otot dan tulang, menjaga jantung tetap sehat, dan mengontrol kolesterol. Pada wanita, hormon estrogen dapat melindungi mereka terhadap penyakit jantung dan menentukan aroma tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini