nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jerawat di Ketiak Bikin Tidak Pede, Ini Cara Mengatasinya

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 18:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 10 611 1989291 jerawat-di-ketiak-bikin-tidak-pede-ini-cara-mengatasinya-QrLxQrp78a.jpg Cara mengatasi jerawat di ketiak (Foto:Boldsky)

KELUHAN kebanyakan orang biasanya saat jerawat sedang timbul, karena memang tidak hanya pada bagian wajah saja jerawat akan muncul. Apalagi pada bagian kulit yang sering lembab, salah satu hal yang paling menggangu ketika jerawat tumbuh dibagian ketiak.

Meskipun ada beberapa krim dan produk yang dibeli di toko yang dapat membantu Anda menyingkirkannya, mereka tidak selalu disarankan karena dapat menyebabkan iritasi kulit atau ruam, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Berikut ada beberapa bahan alami dari rumah seperti dilansir Bold Sky, Senin (10/12/2018).

loading...

Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang baik dan efektif dalam mengurangi jerawat terutama pada ketiak. Mereka juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Siapkan dua sendok makan madu, dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk bersih hingga membentuk pasta kental. Setelah itu oleskan pada bagian jerawat atau luka ringan. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air dingin, jangan biarkan area itu lembab, keringkan dengan handuk khusus. Bisa Anda gunakan dalam dua kali sehari.

Aloe vera dan air mawar

Aloe vera tidak hanya membantu mengobati luka dan infeksi, tetapi juga membantu menangkal jerawat dan bakteri penyebab jerawat karena asam salisilat dan kandungan sulfurnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam salisilat sangat ampuh dalam mengurangi munculnya jerawat.

Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya langsung dari pohonnya, dengan satu sendok makan air mawar. Aduk semua bahan tersebut dalam mangkuk, hingga membentuk pasta, setelah itu oleskan pada area jerawat atau luka. Diamkan selama 10 menit, bersihkan dengan air dingin, lakukan dua kali dalam sehari agar jerawat cepat memulih.

 

Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal untuk melawan sejumlah virus dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Ramuan ini mengandung asam suksinat yang membantu untuk menekan peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan sehingga bisa memudarkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Masukan campuran bahan berikut ke dalam mangkuk, satu sendok cuka sari apel, dengan dua sendok makan air putih, jika kulit Anda sangat sensitif tambahkan jumlah air putih lagi. Celupkan kapas ke dalam ramuan tadi, oleskan secara perlahan pada area jerawat dan luka. Biarkan selama 3 sampai 5 menit, bersihkan dengan handuk bersih dan kering, cukup lakukan satu kali dalam sehari.

Catatan: Cuka sari apel dapat menyebabkan beberapa jenis iritasi kulit maka itulah sebabnya mengapa harus selalu pertimbangkan kandungan air sebelum menggunakannya.

Witch hazel

Diekstraksi dari daun dan kulit pohon perdu witch hazel Hamamelis virginiana, memiliki tannin juga sifat anti inflamasi dan antibakteri. 

Campurkan satu sedok makan witch hazel dengan segelas air putih, siapkan wajan QQhingga mendidih. Dinginkan ramuan ini setelah itu masukan dalam botol spray, diamkan selama 10 sampai 15 menit, bersihkan dengan tisu keringa33j

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini