Ini Petisi Balasan Penggemar K-Pop Terhadap Petisi Iklan Blackpink Shopee

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 194 1989570 ini-petisi-balasan-penggemar-k-pop-terhadap-petisi-iklan-blackpink-shopee-4VyWN1NxZL.jpg Girlband Blackpink (Foto: Istimewa)

Masih ingat dengan petisi yang dilayangkan untuk Shopee yang menampilkan Blackpink? Petisi ini muncul dengan alasan girlband tersebut dianggap terlalu vulgar untuk masyarakat Indonesia.

Petisi tersebut dikeluarkan di change.org dan secara langsung dilayangkan untuk Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sang pelapor, Maimon Herawati, menganggap personel Blackpink itu terlalu seksi dalam berpenampilan.

Sampai berita ini dikeluarkan, berdasar pantauan Okezone, sudah ada 91. 7943 partisipan yang berada di belakang Maimon. Lebih lengkapnya, berikut keterangan Maimon sebagai lampiran petisi tersebut;

"Sekelompok perempuan dengan baju pas-pasan. Nilai bawah sadar seperti apa yang hendak ditanamkan pada anak-anak dengan iklan yang seronok dan mengumbar aurat ini? Baju yang dikenakan bahkan tidak menutupi paha. Gerakan dan ekspresi pun provokatif. Sungguh jauh dari cerminan nilai Pancasila yang beradab.

petisi blackpink

Iklan Shopee yang menggunakan grup Korea Selatan, Blackpink ini, sering diputar pada program anak-anak. Satu film anak-anak bahkan memuat iklan ini setiap beberapa menit seperti Film Tayo do RTV, Jumat (7/12). Apa pesan yang hendak dijajalkan pada jiwa-jiwa yang masih putih itu? Bahwa mengangkat baju tinggi-tinggi dengan lirikan menggoda akan membawa mereka mendunia? Bahwa objektifikasi tubuh perempuan sah saja?

Di mana letak perlindungan KPI pada generasi penerus bangsa? Kami paham bahwa konsep watershed sulit diaplikasikan dalam jam siar di Indonesia sehingga tidak ada pembatasan kapan jam acara khusus anak, kapan acara khusus dewasa. Namun, setidaknya KPI bisa mengatur jenis iklan yang ditayangkan pada program anak-anak.

Kami menuntut KPI untuk melarang penayangan iklan Shopee dan iklan seronok lainnya di televisi Indonesia, baik pada stasiun TV yang berbayar atau tidak. Kami menuntut Shopee untuk menghentikan iklan seronok mereka pada kanal-kanal media sosial.

usir maimon

Kami mengimbau orangtua-orangtua Indonesia untuk melakukan hal berikut: 1.Memberikan tekanan pada KPI melalui lembar pengaduan;

2. Memboikot Shopee –sepanjang Shopee masih menggunakan iklan seronok- demi masa depan generasi selanjutnya."

Setelah petisi ini viral, Anda mesti tahu bahwa sekarang keluar petisi balasan dari penggemar K-Pop. Petisi tersebut ditujukan langsung untuk Maimon dengan judul; "USIR MAIMON HERAWATI DARI INDONESIA".

Petisi tersebut dibuat oleh akun bernama Alihprofesi Jadiapasaja dan ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Sampai sekarang, sudah ada 7.654 partisipan yang ikut menandatangani petisi balasan tersebut.

Dalam caption petisi, ditulis sebagai berikut; "Maimon Herawati kerja nya hanya membuat perpecahan di Indonesia. Negara ini tidak butuh provokator tukang rusuh kaya Maimon Herawati!"

Setelah beredar petisi ini, Anda jadi memihak kepada tim mana, Penolak Blackpink atau Pengusir Maimon?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini