Share

Sibuk Bukan Alasan, Simak Tips agar Bisa Quality Time Bersama Anak

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 11 Desember 2018 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 196 1989656 sibuk-bukan-alasan-simak-tips-agar-bisa-quality-time-bersama-anak-nrJsDhIglg.jpg Quality time bersama anak penting (Foto: NFM)

Menjadi orangtua modern memiliki banyak kendala, salah satunya masalah waktu quality time bersama anak. Sibuknya aktivitas di luar rumah membuat waktu bersama anak menjadi minim.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka Anda harus khawatir. Sebab, tidak adanya waktu bersama anak akan membuat kedekatan personal dengannya akan hilang. Kalau sudah begini, dampaknya akan berpengaruh besar pada si anak di kemudian hari.

Nah, Psikolog Ayoe Soetomo memberikan saran jika Anda mengalami masalah ini. Menurutnya, jika aktivitas Anda terlampau padat, itu tetap bisa diatasi dengan membagi waktu seefisien mungkin. "Jadi, tidak ada alasan sama sekali untuk tidak ngobrol atau dekat dengan anak. Sebab, ini penting bagi kepribadian si anak," terangnya saat diwawancarai Okezone di Shangri-La Hotel, Selasa (11/12/2018).

ibu main bareng anak

Secara detail, Psikolog Ayoe coba menjelaskan saran ini adalah tiga poin. Poin pertama adalah niat. Ya, bagaimana pun kalau niat Anda bukan untuk anak, akan selalu ada alasan untuk menolak memberikan waktu untuk anak.

"Orangtua harus punya niat untuk memberikan waktu berkualitas pada anak. Mau kapan? Pagi boleh sebelum si anak berangkat sekolah, atau jika malam memungkinkan, ya, lakukanlah malam hari," ungkapnya.

Baca Juga: Dituding Terlalu Seksi, Ini 6 Gaya Casual Jennifer Coppen yang Fashionable Banget

Psikolog Ayoe melanjutkan, yang terpenting adalah Anda masih punya tenaga dan energi yang besar untuk si anak. Hal ini penting agar aktivitas bersama si anak total dan energi Anda bisa tersalurkan ke si anak dengan maksimal.

Baca Juga: Kisah di Balik Gaun Pengantin Lindswell Kwok Rancangan Irna Mutiara

Poin berikutnya adalah orangtua harus bisa kreatif dalam membangun situasi quality time bersama si anak. Tidak bisa dipungkiri, sambung Psikolog Ayoe, orangtua kadang bingung apa yang harus dilakukan dalam membangun momen bersama.

"Kalau memang bingung, Anda bisa mencari kegiatan yang menarik dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dengan memberikan kejutan misalnya. Jadi, pulang dari kerja, Anda bawa barang kesukaan si anak dan momen kejutan itu bisa jadi momen quality time Anda dengan anak," sambungnya.

bacakan dongeng

Dari kejutan itu, tambah Psikolog Ayoe, akan muncul pembicaraan yang menyenangkan antara Anda dengan si anak. Bisa dengan dongeng buatan Anda sendiri atau misalnya membahas barang kesukaan si anak tersebut. Terdengar sepele, tapi ternyata ini cukup penting untuk bonding anak dan orangtua.

Terakhir, adalah sediakan waktu yang benar-benar berkualitas. Psikolog Ayoe menjelaskan jika Anda memang sangat susah mendapatkan waktu luang bersama anak, sekadar 10 sampai 30 menit sudah cukup. Asalkan tidak ada ponsel di dalam aktivitas tersebut.

"Sekali pun singkat, jika berkualitas akan menjaga intensitas Anda dengan anak. Ini juga baik untuk menjaga relasi emosi yang baik. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memberikan momen berharga ke anak," ujar Psikolog Ayoe.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini