Share

Harbolnas Dimulai! Ini Tips Sukses Belanja Sebelum Kalap

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 196 1989914 harbolnas-dimulai-ini-tips-sukses-belanja-sebelum-kalap-spF2Z6uzYG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

HARBOLNAS merupakan festival belanja online terbesar di Indonesia, yang pada tahun ini mendapat dukungan penuh dari idEA (Indonesian E-commerce Association), Kementerian Perdagangan, Kementerian Teknologi dan Informatika, juga Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan yang juga menjabat sebagai Country Head of ShopBack Indonesia mengatakan, untuk pertama kalinya sejak 2012, Harbolnas tahun ini mendapat dukungan penuh dari tiga kementerian dan idEA.

"Selama ini banyak yang beranggapan bahwa 11 November lalu merupakan Harbolnas. Namun, sebenarnya Harbolnas itu jatuh pada 12 Desember 2018," tutur Yonathan, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa, 11 Desember 2018.

Pada tahun ini Harbolnas diselenggarakan mulai tanggal 11-12 Desember 2018 dengan tema “Belanja Untuk Bangsa”. Tujuannya adalah untuk mendorong produk lokal agar bisa kompetitif dalam menggunakan platform online. Sejumlah e-commerce ikut berperan aktif dalam penyelenggaran Harbolnas setiap tahunnya.

 (Baca Juga:Jelang Harbolnas, Ini 5 Daerah di Indonesia yang Paling Gencar Memburu Promo Diskon di Situs Online)

Mereka berkomitmen penuh memberikan kenyamanan, keamanan, dan pengalaman berbelanja online terbaik untuk masyarakat Indonesia. Setidaknya terdapat lebih dari pelaku UMKM yang tersebar di lebih dari 300 platform e-commerce yang diketahui akan meramaikan Harbolnas ini.

Mulai dari Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, JD.ID, Tokopedia, Zilingo, Bukalapak, Berrybenka, dan masih banyak lagi. Tak heran jika tahun ini, Harbolnas 2018 menargetkan nilai transaksi hingga Rp7 triliun atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Nah, sebelum kalap melihat promosi dan diskon besar-besaran, simak dulu 5 trik sukses berbelanja saat Harbolnas di bawah ini. Tidak mau kan, sudah mengeluarkan banyak uang tapi barang yang dibeli ternyata barang KW atau berkualitas rendah?

Prioritas barang-barang yang ingin dibeli

Sebelum memasuki periode pesta belanja online, buatlah daftar barang yang ingin dibeli dan tentunya paling Anda butuhkan. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam wishlist yang ada di platform e-commerce kesayangan Anda.

 (Baca Juga:Dian Sastro Beberkan Barang-Barang Incarannya saat Belanja Online)

 

Cermati dengan seksama S&K promo

Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, tidak ada salahnya Anda menyempatkan satu menit waktu belanja untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang-barang yang ingin Anda beli.

Belanja di saat sepi pengunjung

Berdasarkan data historikal Shopback, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung adalah pukul 09:00 - 11:00 pagi. Data ini pun diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan Shopback pada Harbolnas tahun lalu, di mana sebanyak 31% responden mengaku berbelanja saat Harbolnas pada pukul 09.00-12.00 dan 19% pada pukul 12.00 -15.00.

Ceck harga pasar

Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit riset terkait harga barang-barang yang Anda beli. Harga-harga tersebut dapat menjadi acuan apakah harga yang ada di platform tersebut tidak dimanipulasi oleh penjual.

Belanja di toko resmi

Jika Anda ragu akan keaslian produk, belilah produk di toko resmi yang sudah mendapat verifikasi dari platform e-commerce dan memiliki rating toko yang bagus dari pengguna e-commerce. Toko yang telah terverifikasi tentunya Anda sudah mendapatkan jaminan bahwa produk yang Anda pesan adalah produk Asli. Sempatkan juga untuk membaca secara mendalam review dan keterangan produk yang biasanya terdapat di dalam halaman produk.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini