Serunya Berkunjung ke Dairy Village Lembang, Mengintip Proses Menghasilkan Susu Sapi Secara Modern

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 298 1989935 serunya-berkunjung-ke-dairy-village-lembang-mengintip-proses-menghasilkan-susu-sapi-secara-modern-IoB1wcvNYp.JPG Berkunjung ke Dairy Village Lembang (Foto: Leo/Okezone)

Lembang, Jawa Barat, merupakan daerah penghasil susu yang cukup terkenal. Meski jumlah peternak sapi di Lembang cukup banyak, namun metode yang masih tradisional membuat produksi susu masih belum maksimal. 

Tentunya hal inilah yang harus dibenahi supaya menghasilkan susu dengan kualitas maksimal dan banyak. Untuk itu, Pr, Frisian Flag Indonesia, bekerjasama dengan Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU).

Mereka membuat sebuah perternakan susu dengan nama Dairy Village atau biasa disebut Rumah Susu. Tentunya berbeda dengan peternakan sapi pada umumnya. Sapi-sapi ini diperah melalui teknologi yang modern, sehingga mampu meningkatkan produksi susu.

“Rata rata peternak Indonesia berternak dengan cara sedehana, sementara Dairy Village dengan cara modern. Diharapkan Dairy Village bisa menjadi contoh bagi peternak di seluruh Indonesia,” tutur Dedi Setiadi selaku Ketua KPSBU, dalam peluncuran Dairy Village, Selasa (11/12/2018).

Dedi mengatakan jika dikelola dengan baik dan benar, para sapi yang tadinya hanya menghasilkan susu sebanyak 10-12,5 liter, bisa bertambah menjadi 15-20 liter per harinya.

“Sapi biasanya menghasilkan susu sebanyak 12,5 liter, namun dengan ini bisa berubah menjadi 20 liter. Ketika kita punya peternakan seperti ini, kita akan punya susu dari sapi setiap 15-20 liter. Tentu ini bisa memberikan keuntungan bagi para peternak,” tandasnya.

Perjalanan menghasilkan susu segar

Tidak semua orang tahu bagaimana perjalananan untuk bisa menghasilkan susu segar di hadapan Anda. Berternak sapi perah memang tidak semudah yang Anda bayangkan.

Sapi-sapi pun butuh perawatan khusus agar bisa menghasilkan susu yang berkualitas tinggi. Para pengelola peternakan harus memberikan fasilitas agar sapi yang mereka pelihara bisa produktif untuk menghasilkan banyak susu.

Sapi yang merasa tertekan atau frustrasi akan menghasilkan susu dalam jumlah yang sedikit. Tak hanya itu, kualitas susunya pun juga ikut menurun. Oleh sebab itu, perawatan khusus pun wajib dilakukan agar hewan mamalia tersebut tidak merasa frustrasi.

Tentunya Anda penasaran bukan dengan beberapa perhatian khusus apa yang harus diberikan kepada sapi-sapi perah agar tetap produktif. Dalam artikel ini Okezone akan membahasnya satu per satu.

1. Kandang khusus sapi yang sedang hamil

Sapi yang sedang hamil harus dipisahkan dengan beberapa sapi lainnya. Sapi ini membutuhkan perawatan khusus, dari segi nutrisi dan makanannya pun harus tetap terjaga dengan baik. Hal ini dilakukan agar sang bayi sapi bisa tumbuh dengan sempurna.

kandang sapi

2. Kandang kecil bagi sapi yang baru lahir

Anak sapi yang baru lahir pun, wajib dipisahkan dari para indukkan yang berbadan besar. Sapi ini dimasukkan ke dalam kandang berukuran kecil dan diberi makan semacam pelet, untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

kandang sapi baru lahir

3. Kandang sapi ukuran sedang

Setelah bayi sapi tumbuh dan semakin besar, sapi akan dipindahkan ke dalam kandang yang berukuran lebih luas. Makan mereka juga masih terus diperhatikan dengan pemberian pelet khusus.

kandang sapi sedang

4. Kandang sapi dewasa

Setelah sapi tumbuh dewasa, mereka akan dipindah lagi menuju kandang yang bersekat. Setiap sekat berisi satu ekor sapi, mereka diberi makan rumput kering khusus dan selalu dimanjakan. Pasalnya pada usia seperti ini, sapi sudah produktif untuk menghasilkan susu.

Kandang Sapi

5. Ruang pemerahan susu secara modern dengan menggunakan alat canggih

Setelah sapi produktif, maka ruangan ini menjadi saksi terciptanya susu-susu segar yang ada dalam gelas kalian. Setiap harinya sapi dibawa ke tempat ini untuk diperah.

Caranya adalah dengan menancapkan alat pemerah ke puting susu sapi. Secara otomatis susu akan keluar sendiri dengan bantuan alat ini. Dengan perawatan yang baik dan benar, seekor sapi bisa menghasilkan 15-20 liter susu per harinya.

ruang perah susu

6. Cooling unit

Susu yang sudah diperah tentu akan mudah rusak dan basi. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka diperlukan cooling unit sebagai tempat menyimpan susu. Susu hasil perahan akan masuk ke dalam tangki ini untuk didistribusikan.

cooling unit

Untuk mendapatkan susu murni segar yang berkualitas, seorang peternak harus melewati proses yang panjang. So, mulai sekarang biasakan diri untuk rajin meminum susu, tapi ingat Anda juga wajin berhati-hati dalam memilihnya ya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini