nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Super Blood Moon Bakal Terjadi Lagi, Yuk Booking 6 Spot Pengamatan Terbaik

Hanizha Fatma, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 11 406 1989882 super-blood-moon-bakal-terjadi-lagi-yuk-booking-6-spot-pengamatan-terbaik-EyaOtk3VXJ.jpg Super Blood Moon

SUPER Blood Moon atau Bulan Darah Super adalah sebuah fenomena yang langka. Terakhir kali terjadi pada Juli tahun ini, namun fenomena langka ini akan terjadi kembali pada 21 Januari 2019. Durasi dari fenomena ini sekitar 5 jam 12 menit dan dimulai dini hari, pukul 02.36 WIB.

Bulan darah super ini merupakan gerhana total yang dikenal sebagai Blood Moon yang berkaitan dengan Super Moon. Gerhana bulan total terjadi ketika bulan melewati Bumi. Hal ini tidak sering terjadi karena bulan memiliki orbit yang tidak teratur.

Dikenal sebagai Bulan Darah karena warna merah yang menyinari permukaan bumi. Warna tersebut berasal dari cahaya yang dibiaskan melalui atmosfer bumi dan menabrak bulan. Kamu ingin melihat langsung fenomena yang jarang terjadi ini? Berikut beberapa tempat yang menjadi rekomendasi yang bisa kamu kunjungi untuk melihatnya.

1. Dieng, Wonosobo


Kamu bisa melihat fenomena langka ini disebuah tempat terbuka dan tinggi seperti Dieng. Tempat ini berada 2.000 meter di atas permukaan laut dan jauh dari keramaian membuatnya menjadi tempat yang cocok menikmati peristiwa yang jarang terjadi ini.

2. Pulau Seribu, Jakarta

Selain dataran tinggi, kamu bisa mencoba melihat fenomena ini dari sebuah pulau. Hal ini akan menjadikannya lebih indah mengingat pemandangan di laut sangatlah memanjakan mata ditambah dengan bias dari super blood moon yang berwarna merah.

3. Observatorium Bosscha, Lembang


Merupakan salah satu tempat peneropong bintang tertua di Indonesia, membuat tempat ini menjadi salah satu tempat rekomendasi untuk kamu. Tempat ini hanya berjarak 15 km dari kota Bandung.

4. Jam Gadang, Sumatera Barat

Berada di pusat kota Bukittinggi serta menjadi objek wisata membuat tempat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain itu, akan terdapat event nonton bersama ditempat ini.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur


Selain memiliki pemandangan yang indah, Gunung Bromo bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyaksikan fenomena ini dengan jelas karena tidak ada bangunan yang akan menghalangimu.

(Baca Juga: Buruan Nikahin, Perempuan dengan 5 Zodiak Ini Cocok Jadi Istri Idaman!)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini