nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Manfaat Makan Sambil Duduk, Bisa Cegah Depresi hingga Perbaiki Postur Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 11 481 1989803 7-manfaat-makan-sambil-duduk-bisa-cegah-depresi-hingga-perbaiki-postur-tubuh-n1gyKVhkQ5.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MAKAN sambil berdiri, tentu sudah biasa dilakukan oleh seseorang. Kebiasaan ini bahkan sudah menjadi sebuah gaya hidup, akibatnya sedikit waktu untuk makan. Bahkan untuk sarapan sepotong roti pun, seseorang melakukannya sambil berjalan.

Tentunya cara ini memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Setidaknya menyisihkan waktu untuk makan sambil duduk jauh lebih menguntungkan ketimbang sambil berdiri maupun berjalan.

Melansir dari Times of India, Selasa (11/12/2018), Okezone akan membagikan 7 manfaat dari kebiasaan makan sambil duduk, yuk disimak.

1. Dapat mencerna makanan dengan lebih baik

Saat makan sambil duduk, secara tidak langsung Anda berlatih salah satu gerakan yoga. Duduk akan mengakibatkan peregangan kaki atau jongkok dan membungkuk untuk mengambil makanan. Gerakan semacam ini menguntungkan kerja otot perut untuk mengeluarkan cairan pencernaan.

 (Baca Juga:Kenali Astrophobia, Fobia Petir yang Bikin Penderitanya Cemas Sepanjang Musim Hujan)

2. Membuat tubuh lebih fleksibel

Secara teratur duduk saat makan dapat benar-benar membuat tubuh Anda lebih fleksibel dalam jangka panjang. Saat Anda makan sambil duduk, panggul dan otot punggung Anda meregang sehingga mengurangi rasa sakit.

 

3. Dapat mengatur berat badan dengan lebih baik

Makan sambil berdiri memiliki efek samping karena dapat membuat Anda kehilangan kendali atas bagian-bagian yang mengarah ke penambahan berat badan. Oleh karena itu, makan sambil duduk dapat menangani masalah ini.

 (Baca Juga:Buka Lowongan Pekerjaan, BPJS Kesehatan Incar Kaum Milenial)

4. Dapat mencegah depresi

Seiring berjalannya zaman, handphone menjadi kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang. Tetapi tidak kita sadari bahwa handphone merusak kehidupan sosial manusia dan melepaskan masyarakat dari segala bentuk percakapan.

Kurangnya komunikas dapat memengaruhi kesehatan mental Anda, yang sekali lagi memiliki efek buruk pada pencernaan. Oleh karena itu, duduk dan memiliki waktu dari segala jenis komunikasi akan baik untuk Anda.

 

5. Memperbaiki postur tubuh

Ketika berdiri, Anda cenderung untuk membungkuk atau membungkukkan bahu yang berdampak buruk untuk kesehatan tulang belakang yang sehat. Namun, duduk memastikan bahwa punggung tetap tegak dan tidak merusak postur tubuh Anda.

6. Memperlancar aliran darah dan kesehatan jantung

Manfaat lain dari makan sambil duduk adalah memperbaiki aliran darah dan sirkulasi. Karena tubuh dirancang dengan cara tertentu, ketika Anda duduk maka posisi akan lebih fleksibel. Jalur sirkulasi darah lebih cair dan ini akan membuat jantung lebih kuat. Duduk bersila dapat merilekskan saraf dan mengurangi tekanan di sekitar jantung yang memungkinkan pencernaan berjalan dengan baik.

7. Meditasi

Salah satu keprihatinan paling umum yang kita semua miliki adalah tidak memiliki cukup waktu untuk duduk dan bersantai sambil bermeditasi. Ketika Anda benar-benar duduk untuk mengonsumsi makanan yang layak, Anda secara langsung akan berlatih sukhasana. Sukhsana adalah pose yoga yang dirancang untuk menenangkan saraf Anda dan menurut ayurveda, pikiran yang jernih dan bebas kekacauan juga dapat membantu pencernaan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini