nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Rambut Rusak Bisa Diatasi dengan Minyak Jojoba, Begini Caranya

Hanizha Fatma, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 21:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 11 611 1989901 masalah-rambut-rusak-bisa-diatasi-dengan-minyak-jojoba-begini-caranya-KDgxqYOXpj.jpg Ilustrasi merawat rambut rusak (Foto: Serum rambut)

MINYAK jojoba diekstrak dari tanaman bernama jojoba yang biasanya tumbuh dibagian barat Amerika Serikat. Minyak ini memiliki banyak manfaat, sehingga banyak perusahaan komestik menggunakannya untuk perawatan kulit dan rambut.

Minyak ini bisa digunakan untuk mengobati rambut yang rusak. Memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya mampu mengobati peradangan yang terjadi pada kulit kepala sehingga membantu kamu mempertahankan kesehatan rambut. Berikut beberapa fungsi jojoba untuk perawatan rambutmu, seperti dikutip Boldsky, Selasa (11/12/2018).

 BACA JUGA:

Jelang Harbolnas, Ini 5 Daerah di Indonesia yang Paling Gencar Memburu Promo Diskon di Situs Online

Untuk Pertumbuhan Rambut

Kulit kepala menghsilkan minyak alami yang membantu dalam pertumbuhan rambut. Minyak alami atau yang biasa disebut sebum ini memperkuat folikel rambut. Ketika kulit kepalamu tidak menghasilkan sebum yang cukup akan membuatnya kering, rapuh dan bercabang. Parahnya akan membuat rambutmu rontok. Jadi, menggunakan minyak jojoba akan membantu mempertahankan kelembapan kulit kepalamu.

Yang kamu butuhkan hanyalah minyak jojoba, minyak kelapa/almond. Campurkan keduanya dalam jumlah yang sama, panaskan dalam sebuah panci dengn api yang kecil beberapa menit, matikan. Kemudian diamkan sampai sama dengan suhu ruangan. Lalu oleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Diamkan selama 30-45 menit dan bilaslah dengan shampo.

 

Pembersih kulit kepala


Jika kekurangan sebum akan membuat rambutmu rusak, sebum berlebihpun akan membuat penyumbatan folikel rambut yang menyebabkan pertumbuhan rambutmu tertunda. Oleh karena itu, kulit kepala harus dibersihkan secara teratur. Kamu bisa menggunakan minyak jojoba untuk membersihkannya, dengan cara panaskan minyak yang diperlukan dan mulai gunakan pada rambut dan kulit kepala kamu dan biarkan selama setengah jam kemudian bilas dengan menggunakan shampo.

 BACA JUGA:

Shopee Indonesia Sikapi Positif Petisi Larangan Iklan Blackpink

Mengobati Infeksi


Infeksi dapat menyebabkan terhalangnya pertumbuhan rambut. Tetapi tidak perlu khawatir karena minyak jojoba dapat mengatasinya. Kamu hanya perlu memakainya di malam hari dan membilasnya keesokannya. Jika rambutmu bercabang, kamu bisa mengoleskan ditempat yang bercabang dan membilas selang beberapa waktu.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini