Share

Tak Cuma Indonesia, Ternyata 'Harbolnas' Ada di Berbagai Negara!

Adinda Harum, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 12 194 1990095 ternyata-harbolnas-tak-cuma-di-indonesia-lho-4-negara-ini-juga-punya-iWogQZSANz.png Harbolnas juga ada di beberapa negara (Foto: Amazonaws)

JIKA di Indonesia terkenal dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), ternyata di negara-negara lain juga memiliki hari belanja online dengan diskon besar-besaran di akhir tahun. Siapa sih yang tak suka dengan diskon besar-besaran, pasti semua orang akan menyukai dan memburunya.

Nah, kali ini Okezone telah merangkum dari beberapa sumber, berikut 4 festival belanja online yang mirip Harbolnas Indonesia di berbagai negara. Yuk simak ulasannya!

1. Singles’ day

Hari berbelanja online ini berasal dari Negeri Tirai Bambu yang didirikan oleh raksasa e-commerce yaitu Alibaba group. Festival tersebut berlangsung pada 11 November disetiap tahunnya. Single’s day adalah hari penjualan besar-besaran Alibaba di sebuah platfomnya bahkan mengalahkan festival black Friday di Amerika Serikat loh.

Dikenal luas sebagai "Hari Singles," festival ini juga dikenal sebagai festival belanja 11.11 karena merupakan tanggal terjadinya festival tersebut. Selain grup Alibaba, Zalora, Shopee dan Sociolla juga ikut gelar macam-macam diskon Singles’ Day di Indonesia bulan lalu.

single Day

(Foto: Cnbc)

2. Black Friday

Seperti namanya sale ini terjadi di hari jumat pada awal bulan November. Awalnya, istilah black Friday memang tak ada hubungannya dengan belanja online. Karena banyak penjual eceran yang melaporkan beberapa keuntungan tinggi mereka pada festival ini, maka dari situlah nama “Black Friday” tercipta.

Baca Juga: Semarak Harbolnas, 5 Selebriti Ini Gemar Belanja Online Lho!

Black Friday diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi para pemilik retail di Amerika Serikat. Black Friday bukan hanya diskon di toko online saja loh, ternyata festival ini juga melakukan sale dan penawaran di berbagai toko offline di negeri Paman Sam. Jika Anda ingin mencoba festival berbelanja ini secara online Anda bisa temukan melalu situs DealsOfAmerica.com

black friday

(Foto: Bgr.com)

3. Cyber Monday

Festival ini diadakan sejak tahun 2005 dan istilah hari belanja online ini pertamakan dipopulerkan oleh Shop.org. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset yang dilakukan, hari paling popular untuk belanja online adalah hari senin. Festival ini diadakan pada tanggal 26 November di setiap tahunnya.

Cyber Monday

4. Great Online Shopping Festival (GOSF)

Festival belanja online yang berada di India ini, diadakan sejak tahun 2012. Sejak diluncurkan festival ini memang banyak menarik penjual online dalam rekor penjualan bahkan banyak mendapat pelanggan baru.

Baca Juga: Harbolnas Dimulai! Ini Tips Sukses Belanja Sebelum Kalap

Namun sayangnya festival ini sudah tak berjalan lagi di setiap tahunnya mulai tahun 2015, dengan alasan permasalahan banyaknya perusahaaan e-commerce yang tidak menunjukkan minat untuk berpartisipasi dalam festival ini karena tingginya biaya yang terlibat.

great shopping

(Foto: Amazonaws)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini