nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perilaku Orangtua Sering Posting Foto Anak di Media Sosial, Ini Kata Psikolog!

Alma Dwi, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 09:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 196 1990081 perilaku-orangtua-sering-posting-foto-anak-di-media-sosial-ini-kata-psikolog-YyvmwylFTM.jpeg Orangtua Posting Foto Anaknya (Foto: Photocase)

SEKARANG ini banyak orangtua khususnya para ibu yang kerap kali memposting foto maupun video anak ke media sosial. Hal ini sering kali dilakukan yang selanjutnya mendulang banyak komentar serta like dari warganet. Tak sedikit juga konten yang dibagikan menjadi viral di media sosial.

Seperti belum lama ini, jagat maya diramaikan dengan video viral seorang anak SD yang menahan tangis saat disuntik sambil menyanyikan lagu girlband asal korea BLACKPINK. Video tersebut berhasil menarik perhatian warganet yang membuat video tersebut viral, dan masih banyak lagi video anak-anak lainnya yang lucu dan menggemaskan yang kemudian menjadi viral di media sosial.

Memang, mengunggah foto atau video tingkah laku anak yang lucu dan menggemaskan di media sosial bisa saja menjadi hiburan alternatif yang bisa membantu meningkatkan mood orang lain. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi sarana untuk para orangtua supaya bisa saling berdiskusi dan berbagi informasi seputar perkembangan anak.

Baca juga: Harbolnas Dimulai! Ini Tips Sukses Belanja Sebelum Kalap

Menurut psikolog anak Ayoe Sutomo, perilaku orangtua seperti itu boleh saja. Namun, kalau anaknya sudah cukup bisa diajak berkomunikasi, ada baiknya ketika hendak memposting aktivitas anak di media sosial, dilakukan atas dasar persetujuan si anak.

“Kalau anak bilang tidak maka harus dihargai dan tidak mempostingnya, karena itu akan membiasakan anak kita untuk berani asertif dan dia merasa dihargai sehingga dia ketika nanti di luar dan dia bertemu dengan orang yang memaksa, dia tahu bahwa saya telah diajari dari rumah bahwa saya punya hak untuk menolak,” ujar psikolog Ayoe yang diwawancarai Okezone di Shangri-La Hotel, Jakarta,belum lama ini.

Baca juga: Semarak Harbolnas, 5 Selebriti Ini Gemar Belanja Online Lho!

Selain itu, memposting foto atau video anak juga sah-sah saja asalkan diperhatikan kaidahnya. “Tidak bisa dipungkiri banyak orang jahat juga di sosial media, jadi harus hati-hati. Perhatikan kelayakan unggahannya apakah itu layak atau tidak untuk diposting, apakah cukup sopan atau tidak, kemudian apakah peristiwa tersebut mempermalukan anak atau tidak,” tuturnya.

Jika dilihat dari sisi kreativitasnya, di mana sekarang ini banyak video-video kreatif anak yang viral di media sosial, hal itu juga diperbolehkan. Asalkan anak merasa nyaman dan memperbolehkan videonya untuk di posting. “Kalau anaknya merasa nyaman dan boleh diposting tentu tidak apa-apa. Kadang kala yang menjadi masalah jika anaknya malu sehingga membuat tidak nyaman secara psikologis,” sambungnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini