Lebih Sehat dan Hemat, 5 Bahan di Dapur yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan Alami

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 12 196 1990389 lebih-sehat-dan-hemat-5-bahan-di-dapur-yang-bisa-jadi-pengharum-ruangan-alami-mS9GIz9EVG.jpg Bahan di Dapur yang Bisa Jadi Pengharum Ruangan (Foto: Thenatural Penguin)

PENGHARUM ruangan punya banyak fungsi. Enggak cuma menutupi aroma tak sedap dari sumber bau yang ada di rumah, tapi juga bermanfaat sebagai relaksasi.

Karena alasan praktis, pengharum ruangan berbahan kimia sering jadi andalan. Namun perlu diketahui, tentu ada dampak buruk bagi kesehatan jika pengharum tersebut digunakan dalam jangka panjang.

Belum lagi harganya yang tidak murah, tentu hal itu bisa menguras pengeluaran bulanan. Untuk itu, tak ada salahnya jika menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur sebagai pengharum ruangan alami.

Bahan apa saja? Berikut Okezone rangkum ulasan lengkapnya, seperti diwarta Foodbeast, Kamis (13/12/2018).

 BACA JUGA:

10 Barang Mahal dengan Diskon Menggiurkan di Harbolnas 12.12, Sudah Cek Belum?

Bola-bola citrus

Penyegar udara alami satu ini dapat dengan mudah dibuat dengan menusukkan segenggam cengkeh ke buah jeruk. Setelah memasukkan cengkeh-cengkeh tersebut ke seluruh bagian jeruk, bisa ditambahkan kayu manis dan kacang tanah. Gantungkan bola-bola citrus ke dalam lemari untuk menangkal bau apek udara atau bau busuk.

Minyak esensial

Essential oils atau minyak atsiri adalah pewangi alami. Selain mengisi diffuser dengan aroma favorit Anda untuk menyegarkan rumah, ada tempat lain yang bisa mendapat manfaat dari minyak esensial ini. Caranya, balurkan jepitan kayu dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu jepit ke ventilasi udara mobil untuk menghasilkan aroma yang lebih segar dan lebih menyenangkan di dalam kendaraan.

Baking soda

Selain sebagai agen pembersih, baking soda juga cocok sebagai solusi atas bau tak sedap. Kita dapat membuat semprotan penyegar udara alami dari baking soda dengan menggabungkan 1 sendok makan soda kue dengan air dalam botol semprot kecil. Secara aroma, mungkin baking soda memang tidak memiliki bau seperti parfum, tetapi akan bekerja menyerap bau yang tidak diinginkan dan membuat bau tersebut menghilang seluruhnya.

Kopi

Selain menjadi ‘bensin penggerak’ untuk kebanyakan orang, kopi juga berfungsi sebagai penyegar udara alami. Jika ada ruangan super bau, letakkan saja mangkuk berisi kopi yang baru digiling di sekitar area tersebut. Akan tetapi pastikan untuk menempatkan mangkuk secara strategis, seperti di atas lantai ventilasi agar aromanya menyeruak menyebar lebih cepat di seluruh ruangan. Aroma dari bubuk kopi akan menghalangi bau tidak enak apapun loh!

 BACA JUGA:

Harbolnas, Intip 5 Zodiak yang Terkenal Gila Belanja!

Cuka

Cuka adalah cairan yang tidak hanya akan menghilangkan jenis aroma tak sedap, tetapi juga menjaga udara sebersih mungkin. Caranya? Masukkan cuka ke dalam cangkir atau mangkuk, biarkan selama beberapa jam di area yang udaranya terkontaminasi. Nah, asam asetat akan menjadi desinfektan udara dan menyingkirkan bakteri sambil menyingkirkan bau busuk yang mencoba menempel di udara.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini