nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Berantem Sama Pacar? Ternyata, Ada Dampak Baiknya Lho!

Risda Nadiva, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 196 1990430 lagi-berantem-sama-pacar-ternyata-ada-dampak-baiknya-lho-oWlEEqRGNy.jpg Bertengkar bisa berdampak baik bagi hubungan (Foto: Timesofindia)

Menjalani hubungan romantis nan spesial di kala pacaran tanpa ada kata ‘bertengkar’ sepertinya sangat diharapkan oleh kebanyakan orang.

Kedengarannya mungkin mudah, tapi kenyataannya? Pasangan lain justru mengisi hubungannya dengan banyak pertengkaran, konflik, keributan, hingga akhirnya memilih untuk putus dan seolah-olah tidak mau mengakui pernah berpacaran.

Namun, masalah kecil maupun masalah besar dalam hubungan sepertinya wajar saja jika terjadi. Terlepas dari itu, jika sudah menjalani hubungan lama sepertinya akan tampak sifat dan kelakuan asli pasangan, tidak jarang hal itu menjengkelkan.

Nah, meskipun dihindari, ternyata bertengkar dengan pasangan memiliki efek positif untuk memperkuat hubungan. Harus diingat, pertengkaran antarpasangan juga tidak boleh terlalu sering juga, dan seharusnya bisa diselesaikan dengan baik, seperti yang dihimpun dari situs Times of India pada Kamis (13/12/2018).

pasangan berantem

Sebuah survei yang dilakukan pada sekitar 1.000 orang dewasa, dan menyimpulkan jika pasangan yang bertengkar sepuluh kali lebih bahagia dibanding pasangan yang memendam masalah hubungannya.

Baca Juga: Maia Estianty Potong Rambut Panjangnya, Begini Penampilannya Sekarang!

Menurut penulis buku Crucial Coversations Joseph Grenny, ia menyimpulkan bagaimana pasangan yang menjauhi topik sensitif demi menghindari pertengkaran menyebabkan hubungannya mengambang.

Selain itu, menurutnya kesalahan besar yang sering dilakukan tiap pasangan ialah ‘penghindaran’ dan tidak mau mengungkapkan masalah yang dialami. Bisa saja mereka tidak mau membuat pasangannya tersinggung atau marah, padahal itu bisa membahayakan kelangsungan hubungan.

Baca Juga: Gaya Penjual Ikan Seksi Liu Pengpeng, Suka Nari dan Kedip-Kedip Manja

Menariknya, lebih dari empat hingga lima peserta dalam survei itu menyalahkan komunikasi yang buruk adalah salah satu alasan kegagalan hubungan di masa lalu. Namun, Grenny menjelaskan bahwa seseorang gagal memahami perasaan mereka dalam situasi tertentu, dan malah menyalahkan orang lain. Tidak diragukan lagi, penelitian ini menunjukkan bahwa berdebat dengan pasangan Anda adalah kunci menuju hubungan yang sukses.

“Cinta sejati membutuhkan usaha. Keintiman sejati bukan hanya tentang cinta, tetapi juga menyangkut kejujuran. Dan percakapan penting adalah sarana untuk mengungkap kebenaran yang menumbuhkan keintiman, kepercayaan, dan koneksi, ”kata sang penulis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini